Sukses

5 Aktivitas saat Ramadan di Rumah, Perbanyak Ibadah hingga Berkebun

Banyak aktivitas yang biasanya bisa dilakukan hanya saat Ramadan, tapi tahun ini kegiatan tersebut dilarang demi mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan tahun ini terasa berbeda. Adanya pandemi virus Corona Covid-19 membuat orang harus tetap berada di rumah, termasuk Indonesia.

Pemerintah pun telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Bahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan larangan mudik.

Oleh karena itu, banyak aktivitas yang biasanya bisa dilakukan hanya saat Ramadan, tapi tahun ini kegiatan tersebut dilarang demi mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Aktivitas itu misalnya saja ngabuburit, membeli takjil, berbuka puasa bersama, hingga salat tarawih kini tak lagi dapat dilakukan sementara.

Meski begitu, banyak juga aktivitas yang tetap bisa kita lakukan saat Ramadan di rumah saja. Contohnya adalah memasak.

Berikut beragam aktivitas yang dapat dilakukan saat Ramadan di rumah saja:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Perbanyak Ibadah

Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Terutama di tengah pandemi virus Corona yang mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah.

Selain menjalankan ibadah puasa, kita dapat memperbanyak ibadah lainnya, seperti salat tarawih, membaca Alquran, serta memperbanyak berdoa agar terhindar dari segala macam penyakit.

Ramadan juga merupakan bulan penuh berkah dan pengampunan. Inilah saatnya kita semua memohon ampunan atas segala dosa yang pernah diperbuat.

 

3 dari 6 halaman

Membuat Kerajinan Tangan

Agar tidak bosan selama di rumah sekaligus mengisi waktu selama berpuasa, kita bisa memanfaatkannya untuk berkreasi membuat kerajinan tangan.

Selain dapat menambah keterampilan, kita juga akan merasa terhibur. Bahan-bahan yang digunakan sederhana saja, sesuai yang ada di rumah. Sehingga kita pun tidak perlu pergi ke luar rumah.

 

4 dari 6 halaman

Memasak Menu Berbuka Puasa

Berbuka puasa tentunya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Namun ditengah pandemi Corona Covid-19, banyak aktivitas yang terbatas untuk dilakukan.

Misalnya saja buka puasa bersama teman-teman atau sekedar ngabuburit dan mencari takjil diluar.

Sembari mengisi waktu selama berpuasa, kita bisa mencoba resep olahan baru sebagai menu berbuka puasa. Selain itu, kita juga bisa mengasah keterampilan memasak.

 

5 dari 6 halaman

Berkebun

Selain berkreasi membuat kerajinan tangan, berkebun belakangan menjadi tren, terutama karena dampak dari pandemi virus Corona Covid-19 yang menyebabkan harus tetap diam di rumah.

Selama berpuasa, kita juga bisa tetap bisa berkebun di rumah. Kita bisa menanam tanaman yang mudah tumbuh, seperti bawang, cabe, hingga sayur-sayuran.

Bibit tanamannya bisa kita dapatkan dari sisa saat memasak.

 

6 dari 6 halaman

Ngabuburit Online

Karena pandemi Corona, kita tidak bisa lagi bebas ngabuburit bersama teman-teman. Namun, hal itu bisa digantikan dengan mencoba ngabuburit online.

Caranya mudah, yaitu melalui video call bersama teman-teman sembari mengisi waktu selama berpuasa.

 

Reporter : Ulyaeni Maulida

Sumber : Dream

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.