Sukses

Selalu Habis, Ini 3 Tips Mengelola THR dengan Baik

Ini tips mengelola THR dan uang Lebaran Anda agar tidak melulu habis.

Liputan6.com, Jakarta Momen Idul Fitri merupakan hari spesial bagi umat muslim. Tak dimungkiri akan banyak pengeluaran yang terjadi saat Lebaran. Mulai dari ongkos mudik hingga keharusan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran lainnya.

Jika Anda seorang karyawan, maka akan ada THR yang didapat. Sayangnya bila tak dikelola dengan baik, THR akan habis begitu saja. Padahal, jika dikelola dengan tepat, THR dapat menjadi "penolong" Anda di hari-hari selanjutnya. Lalu, bagaimana cara mengelola THR yang baik? Melansir dari Times Indonesia, berikut caranya:

1. Sisihkan THR Anda

Segera sisihkan sebagian THR begitu Anda mendapatkannya. Hal ini akan membuat Anda lebih waspada saat berbelanja. Ada baiknya THR disimpan di bank yang berbeda agar memudahkan Anda saat bertransaksi menggukan kartu debit.

2. Buat Daftar Belanja

Sebelum berbelanja keperluan Lebaran, ada baiknya Anda membuat daftarnya. Beri patokan berapa jumlah uang yang dibelanjakan untuk makanan, pakaian, mudik, termasuk jumlah uang yang akan Anda berikan pada sanak saudara sebagai THR. Utamakan hal yang Anda butuhkan.

3. Manfaatkan Promo atau Diskon

Kejar promo atau diskon. Jangan malu untuk memanfaatkan aneka promo yang ditawarkan. Jelang Lebaran biasanya banyak promo yang menggoda. Namun, Anda perlu perhatikan pula kualitas dari barang yang sedang diskon, terutama untuk produk makanan dan minuman.

Dengan melakukan tiga hal di atas, Anda dapat mengatur pengeluaran THR Anda lebih baik. Hal tersebut dapat membuat Anda lebih waspada dalam mengeluarkan uang, sehingga THR tidak habis begitu saja. Bahkan, mungkin sisa THR dapat menjadi tabungan Anda.

 

Saksikan video berikut di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.