Sukses

Tips Menurunkan Berat Badan Usai Santap Hidangan Lebaran

Ini tips menurunkan berat badan usai santap hidangan Lebaran yang penuh lemak

Liputan6.com, Jakarta Saat Idul Fitri tiba, kita dimanjakan dengan makanan yang enak-enak. Akibatnya, tak terasa berat badan melonjak naik. Ini menjadi masalah karena karena setiap orang memiliki ukuran ideal yang berbeda. AKibatnya, berat badan pun naik tiba-tiba.

Kelebihan berat badan menjadi salah satu problem yang paling banyak terjadi di kalangan wanita. Dan, perlu diketahui bahwa kelebihan berat badan juga dapat mengakibatkan berbagai penyakit. Di antaranya, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi jenis penyakit kronis.

Seperti dilansir 8Fit, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekelompok orang yang menderita diabetes kehilangan tujuh persen berat badan mereka dengan 30 menit berolahraga, serta mengurangi risiko bertambah parahnya diabetes yang mereka derita sebanyak 60 persen.

Bagi kalian yang merasa kelebihan berat badan, ada baiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai macam diet dan olahraga. Atau bisa juga melakukan lima cara menurunkan berat badan yang efektif dan alami seperti di bawah ini:

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara menurunkan berat badan

1. Konsumsi Banyak Serat

Sudah bukan rahasia lagi, serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, dan juga bagus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Serat yang mudah larut menjadi salah satu jenis serat yang bagus untuk mendukung turunnya berat badan.

Sebab, sifatnya yang mudah larut dan kental, dapat membentuk gel pada saluran pencernaan yang baik untuk mengatur selera makan.

Ada berbagai jenis makanan berserat yang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang berusaha menurunkan berat badannya. Di antaranya, oatmeal, jelai, dan sayuran yang mengandung serat yang mudah larut.

Selain itu, ada biji-bijian, gandum, dan bayam, juga mengandung serat. Namun, serat yang dikandungnya merupakan serat yang tidak mudah larut.

2. Melakukan Olahraga Rutin

Seperti yang kita tahu, olahraga adalah jalan terbaik untuk mengurangi berat badan dan kardio, atau latihan kekuatan.

Apabila kalian pemula di pusat kebugaran, mulailah dari yang ringan dengan tingkat latihan kekuatan yang rendah, terlebih kalau kalian memiliki berat badan yang berlebihan. Secara perlahan dan teratur, tingkatkan level latihan kekuatan kalian. Hal ini karena intesitas latihan kekuatan rendah sampai menengah sangat bagus digunakan untuk mengurangi lemak.

Selain itu, latihan kekuatan juga dapat membangun massa otot dan membakar banyak kalori.

 

3 dari 3 halaman

Kurangi gula dan perbanyak air putih

3. Kurangi Konsumsi Gula

Dari sekian banyak kasus kelebihan barat badan, konsumsi gula yang berlebihan menjadi salah satu penyebab utamanya.

Termasuk juga konsumsi minuman bersoda, dan juga jus yang ditambah dengan gula. Hal ini dapat meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh, yang mungkin bisa membuat tubuh kalian menjadi lebih berlemak.

Cara untuk mengatasi konsumsi gula yang berlebih adalah dengan cara mengurangi konsumsinya. Kalian bisa mengganti minuman bersoda dengan teh herbal, demi menjaga kalori yang ada dalam tubuh.

Juga, mulai kurangi minum jus yang ditambahi dengan gula olahan, karena dapat membuat kadar gula dalam tubuh melonjak.

4. Istirahat yang Cukup

Kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan kesehatan, baik secara fisik maupun psikis. Hal ini karena tidur yang berkualitas dapat menyeimbangkan hormon yang ada di dalam tubuh dan menjaga metabolisme tubuh.

Oleh sebab itu, untuk menurunkan berat badan, usahakan tidur yang cukup dan jangan berlebihan. Tidur yang cukup dapat menghambat hormon korsitol, yang dapat menimbulkan kegelisahan dan stres. Selain itu, kurang istirahat yang cukup dapat menyebabkan pengaruh negatif pada kadar gula yang akan menyebabkan kita ngidam untuk terus makan makanan yang mengandung karbohidrat.

5. Banyak Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih memang sebuah keharusan, karena 90% bagian tubuh kita adalah air. Selain itu, manfaat air putih juga sangat banyak. Seperti untuk menjaga kecantikan, hingga menurunkan berat badan.

Normalnya, manusia membutuhkan 2-3 liter air setiap harinya. Untuk pria, dalam sehari disarankan untuk minum 3 liter air putih atau sebanyak 13 gelas. Sedangkan untuk wanita, setidaknya 2,2 liter sehari atau sekitar 9 gelas.

Dengan menerapkan kelima cara menurunkan berat badan di atas, ada satu lagi tambahan penting yang harus diketahui bagi kalian yang memang serius untuk menurunkan berat badan. Konsisten. Akan jadi percuma apabila kelima cara tersebut hanya dilakukan dua sampai tiga kali saja.

Butuh keseriusan dan kekonsistenan untuk mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan. Lakukan lima cara tersebut secara rutin dan sungguh-sungguh, catat dan terus cek berat bedan kalian setiap pekannya. Ayo dapatkan tubuh idealmu!

Sumber: 8fit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.