Sukses

Doa yang Sering Dibaca Rasulullah dan Surat Pendek Saat Salat

Doa yang sering dibaca Rasulullah mengandung makna dalam untuk menyelamatkan baik di dunia maupun di akhirat.

Liputan6.com, Jakarta Doa yang sering dibaca Rasulullah sudah sepatunya kita sebagai umat islam teladani. Sebagaimana semua umat islam tahu, apa saja perbuatan Rasulullah memang pantas ditiru karena memang beliau adalah pemimpin umat islam, termasuk dalam doa.

Tentunya berdoa adalah kebiasaan sehari-hari yang selalu kamu lakukan setelah salat atau dalam waktu apapun. Dalam berdoa tentunya kamu menyampaikan seluruh keluh kesah dan permohonan kepada Allah SWT. Doa Rasulullah bisa menjadi referensi untuk dilafalkan setiap kali berdoa.

Doa yang sering dibaca Rasulullah mengandung makna dalam untuk menyelamatkan baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, kamu wajib tahu dan menghafalkan doa doa tersebut dalam rangka meneladani Nabi Muhammad SAW.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/5/2019) tentang doa yang sering dibaca Rasulullah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa yang sering dibaca Rasulullah

Ada dua doa yang sering dibaca Rasulullah semasa hidup beliau. Sebagaimana telah umat Islam ketahui juga, Rasulullah selalu menyertakan doa dalam setiap aktivitasnya. Doa yang sering dibaca Rasulullah yang pertama adalah:

Allahumma rabbanaa aatina fid dun-ya hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qina ‘adzaban naar

Yang artinya: “Wahai Rabb kami, karuniakanlah kepada kami kebaikan di dunia dan akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka”

Doa yang sering dibaca rasulullah ini tercantum dalam hadits riwayat Bukhari, dimana Anas ra berkata “Doa yang paling banyak dipanjatkan Nabi Saw adalah “Rabbana aatina fid dun-yaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaban naar” (HR. Bukhari)

Selain itu, doa yang paling sering dibaca Rasulullah yang kedua adalah doa memohon keteguhan iman kepada Allah SWT. Doa tersebut berbunyi:

Yaa muqollibal quluub, tsabbit qolbi ‘ala dinika

Yang artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu”

Imam Abu Daud meriwayatkan, dari Syahr bin Hausyab berkata “Aku mendatangi Ummu Salamah dan bertanya “Beritahu aku doa yang paling sering diucapkan Nabi SAW”, Ummu Salamah pun menjawab “Doa yang paling sering dibaca Nabi SAW adalah “Yaa muqollibal quluub, tsabbit qolbi ‘ala dinika”.

Lalu Rasulullah SAW ditanya mengenai hal tersebut “Ya Rasulullah, mengapa engkau sering membaca doa ini?” “Sesungguhnya hati anak Adam berada di antara dua ujung jari Ar-Rahman, apabila Ia berkehendak maka akan diteguhkan (imannya) dan jika Ia berkehendak maka Ia akan mencabutnya”.

Oleh karena itu, telah jelas bagi seluruh umat islam tentang doa yang sering dibaca Rasulullah ini. Dengan meneladani doa yang sering dibaca Rasulullah ini, kamu bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan berkah.

3 dari 3 halaman

Surat yang Sering Dibaca Rasulullah Saat Salat

Selain harus mengetahui doa yang sering dibaca Rasulullah, kamu juga perlu mengetahui tentang surat yang sering dibaca rasulullah saat salat. Seperti yang tercantum dalam buku Ahmad Lutfi Fathullah yang berjudul Kumpulan Ayat-ayat Al-Qur’an Populer dan Sering Dibaca Imam, menyebutkan beberapa hadits tentang surat yang sering dibaca rasulullah saat salat.

1. Surat Al-Kafirun (QS. 109) dan Al-Ikhlas (QS.112).

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan Muslim, Rasulullah disebut sering kali membaca Surat al-Kafirun dan al-Ikhlas saat menunaikan shalat lima waktu, termasuk ketika salat qobliyah Subuh.

2. Surat At-Tin (QS. 95).

Berdasarkan Hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Suatu hari, Rasulullah berada dalam suatu perjalanan. Pada saat waktu shalat Isya tiba, ia mengajak sahabat-sahabatnya untuk shalat. Adapun surat yang dibaca pada salah satu rakaat salat Isya adalah Surat at-Tin.

3. Surat Asy-Syams (QS. 91)

Buraidah menyebut kalau Rasulullah pernah membaca Surat asy-Syams pada saat shalat Isya.

4. Surat Al Buruuj (QS. 85), dan At-Thariq (QS. 86)

Keduanya pernah dibaca Rasulullah ketika menunaikan salat Dzuhur dan Ashar sebagaimana yang diceritakan Jabir dari Samrah.

5. Surat Qaf (QS. 50).

Tidak hanya membaca surat-surat pendek yang ada di juz 30 saja, Rasulullah juga membaca surat-surat lainnya yang memiliki ayat panjang. Sahabat Quthbah menceritakan bahwa suatu ketika Rasulullah membaca Surat Qaf pada saat menjalankan salat Subuh.  

Surat yang dibaca rasulullah sebenarnya memang beragam. Namun itulah surat-surat yang disebutkan dalam hadits. Kamu mestinya juga bisa memaknai surat tersebut sebagai doa yang sering dibaca Rasulullah dengan memahami artinya. Tidak ada aturan pasti terkait dengan surat atau ayat apa saja yang harus dibaca ketika salat.

Surat atau ayat apa saja bisa dibaca, biasanya surat atau ayat disesuaikan dengan situasi atau momen yang terjadi seperti ayat ayat tentang puasa biasanya juga sering dibaca di bulan Ramadan saat berpuasa.

Jadi kamu perlu mengetahui tentang berbagai macam doa yang sering dibaca rasulullah dan berbagai surat yang sering dibaca rasulullah saat salat. Semoga kita selalu menjadi orang-orang yang meneladani Rasulullah dalam kehidupan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.