Sukses

Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Haid Saat Bulan Ramadan

Masih ada banyak ibadah sunnah lainnya yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Seluruh umat muslim yang telah balig dan berakal diwajibkan untuk menjalankan puasa di bulan Ramadan. Namun bagi para wanita tentunya ada ketentuan diharamkan berpuasa ketika mereka sedang datang bulan atau haid.

Wanita yang sedang haid dilarang untuk ikut menjalankan puasa serta diwajibkan untuk menggantinya di hari-hari lain. Namun bukan berarti wanita haid tak bisa menjalankan amalan lainnya ya.

Masih ada banyak ibadah sunnah lainnya yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid di bulan Ramadan. Tentunya amalan-amalan tersebut akan mendapat ganjaran yang tak kalah besar dengan ganjaran ketika berpuasa.

Salah satunya ialah dengan perbanyak berdzikir. Ya, meski tak bisa menjalankan puasa, kalian bisa perbanyak dzikir sepanjang hari. Tak hanya itu, wanita haid juga bisa mendapatkan pahala dengan menyediakan hidangan berbuka puasa baik bagi sesama anggota keluarga maupun kepada orang lain. Ketika melakukan amalan ini pahalanya pun dikatakan sama seperti mereka yang berpuasa satu hari penuh.

Rasulullah SAW Bersabda, “Barang siapa yang memberi ifthar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang shaum/berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.” (H.R. Bukhari Muslim).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdoa

Selain itu amalan yang akan membuat wanita haid tetap mendapat pahala ialah mendengarkan Alquran. Meski memang tak diperbolehkan membaca Alquran, wanita haid tetap dianjurkan untuk mendengarkannya.

Selanjutnya, bulan Ramadan adalah bulan penuh keberkahan yang menawarkan banyak sekali pahala dan ampunan. Oleh karena itu siapapun dianjurkan untuk berdoa dengan sungguh-sungguh di bulan Ramadan, termasuk bagi wanita haid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.