Sukses

IZI Targetkan 15.000 Paket Ramadan Terdistribusi di Daerah Tertinggal

Liputan6.com, Jakarta - Distribusi paket dalam Program Ekspedisi Ramadan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) hingga hari ke delapan Ramadan telah mencapai 3.560 bingkisan. Tahun ini, IZI menargetkan 15 ribu paket Ramadan yang akan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Pendistribusian paket Ramadan IZI sudah mulai dilakukan sejak H-7 Ramadan ke titik-titik tersebut.

"Kami ingin laporkan sedikit apa yang kami lakukan, dalam bentuk Ekspedisi Ramadan. Ini wujud pertanggungjawaban kami terhadap umat," ujar Direktur Utama lZl, Wildhan Dewayana Wildan dalam keterangannya, Rabu (15/5/2019).

Menurut Wildhan, Ekspedisi Ramadan merupakan bentuk penyaluran dari Program Booking Berkah Ramadan yang sudah lZl kampanyekan dari beberapa bulan lalu.

Booking Berkah Ramadan merupakan program IZI dalam menyambut bulan suci Ramadan, yang bertujuan untuk menjamin kesediaan pangan kaum dhuafa selama Ramadan.

"Program Ekspedisi Ramadan tahun ini dikhususkan untuk daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T) di seluruh Indonesia, dengan harapan agar mereka khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa," ucap Wildhan.

Dalam kesempatan yang sama, GM Pendayagunaan IZI, Haryono menambahkan, sebanyak 10 titik menjadi lokasi para penerima manfaat. Misalnya di Sambas, Kalimantan Barat, Singkawang, Kalimantan Barat, Rote Ndao Nusa Tenggara Timur (NTT), Jeneponto Sulawesi Selatan

Selain itu, Seluma Bengkulu, Sorong Papua Barat, Sebatik-Nunukan Kalimantan Utara, Pulau Seram Maluku, Karo Sinabung Sumatera Utara, dan Dili Timor Leste.

 

2 dari 2 halaman

Ajak Donatur Terjun ke Daerah

Mulai Ramadan tahun ini, lanjut Haryono, IZI ingin meningkatkan kapasitas distribusi bantuan di wilayah pelosok, perkotaan. Bahkan, IZI mengajak para donatur untuk ikut terjun ke lapangan dalam membagi-bagikan paket Ramadan.

"Agenda Ekspedisi Ramadan ini mengajak donatur untuk mengajak dan bisa merasakan langsung bagaimana tim ekspedisi menyalurkan bantuan, karena tiap daerah memiliki tantangan tersendiri. Alhamdulillah kemarin donatur ada yang ikut menyalurkan," pungkas Haryono.

Sementara itu, Ketua Program Ramadan IZI, Deddy Fenalosa mengungkapkan rangkaian acara Ekspedisi Ramadan ini sudah memasuki tahun kedua. Dia mengaku, sejauh ini respons masyarakat cukup baik.

"Dan alhamdulillah para donatur kami selama ini ikut membagikan di kota-kota, tapi kita bagikan juga di desa 3T ini. Alhamdulillah sejak April sudah kampanyekan di 16 kantor perwakilan IZI. Seluruh sales kita ada 70 orang, dan relawan-relawan juga sekitar 213 orang," jelas Deddy.

Loading
Artikel Selanjutnya
Terapkan Menu Seimbang Selama Ramadan agar Puasa Lancar
Artikel Selanjutnya
Kondisi Sakit, Ustaz Arifin Ilham Masih Ajarkan Anak Mengaji