Sukses

Minuman yang Tak Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Perlu Diperhatikan

Ada beberapa minuman yang tak baik dikonsumsi saat sahur.

Liputan6.com, Jakarta Minuman yang tak baik dikonsumsi saat sahur ternyata beragam. Saat ini umat Muslim di seluruh dunia sedang menjalan ibadah puasa Ramadan. Ibadah puasa ini membuat yang menjalankannya kerap menguubah drastis pola makan dari biasanya. 

Kamu tidak bisa secara bebas mengonsumsi makanan ataupun minuman, karena hal ini bisa mengganggu pencernaan dan membuat aktivitasmu menjadi terganggu. Tak hanya itu, masalah kesehatan lainnya juga akan bermunculan jika kamu tidak menjaga pola konsumi makanan atau minuman selama puasa ini.

Nah, untuk memulai puasa umat Muslim terlebih dahulu menjalankan sahur. Pada saat sahur, kerapkali kamu tidak menyadari khususnya konsumsi minuman yang kamu minum saat sahur. Nampak sepele, ternyata kamu perlu memperhatikan konsumsi minuman saat sahur. Ternyata ada beberapa minuman yang tak baik dikonsumsi saat sahur lho.

Fungsi cairan atau minuman yang kamu konsumsi saat sahur ini berfungsi untuk melengkapi energimu saat melakukan aktivitas. Oleh karena itu, perlunya memperhatikan minuman yang kamu konsumsi saat sahur dengan tepat. Guna menghindari hal buruk terjadi saat menjalani aktivitas hingga waktunya berbuka tiba.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, ini beberapa minuman yang tak baik dikonsumsi saat sahur agar tidak mengalami hal buruk selama menjalankan puasa, Jumat (10/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Teh

Saat sahur, kamu tidak disarankan untuk minum teh karena akan menaikkan gula darah dan cepat juga menurunkannya. Hal ini yang menyebabkan kamu akan cepat lemas saat menjalankan puasa.

Selain itu, kandungan kafein pada teh yang bersifat diuretik ini juga menyebabkan kamu terus menerus mengeluarkan cairan tubuh dalam bentuk urin.

3 dari 6 halaman

Soda

Hindari juga minuman bersoda atau minuman dengan perasa yang disediakan dalam kemasan. Minuman jenis ini memiliki kandungan gula yang tinggi yang bisa membuat kamu menjadi cepat merasa haus saat puasa.

Selain itu, pada minuman bersoda juga memiliki kandungan garam yang cukup tinggi yang dapat membuat kamu merasa cepat haus.

Selain itu, efek lain yang bakal kamu rasakan saat minum soda adalah akan meraskan perut menjadi penuh atau kembung. Soda juga dapat menaikkan asam lambung kamu. Jadi, kamu bisa menghindari minuman ini untuk sahur.

4 dari 6 halaman

Kopi

Banyak pecinta kopi, yang tentunya tidak bisa terlepas untuk tidak mengonsumsi kopi dalam sehari. Sama halnya dengan teh yang memiliki kandungan kafein, bahkan kandungan kafein pada kopi ini lebih besar.

Adanya zat diuretik ini menyebabkan kamu akan mengeluarkan cairan tubuh dalam bentuk urin. Hal ini berakibat kamu kehabisan cairan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan kamu menjadi dehidrasi, pusing, mual hingga pingsan.

5 dari 6 halaman

Minuman yang Terlalu Manis

Begitu juga buat kamu yang menyukai minuman serba manis. Kamu perlu mengurangi atau bahkan menghindarinya saat sahur. Soalnya, mengonsumsi minuman manisa saat sahur bisa menyebabkan hipoglikemia atau kurangnya kadar gula dalam darah.

Minuman yang terlalu manis ini bisa membuat kadar gula di dalam tubuh cepat naik dan juga cepat turun. Hal ini mengakibatkan kamu menjadi cepat lapar dan haus.

6 dari 6 halaman

Minuman yang Terlalu Asam

Begitu juga dengan minuman yang terlalu asam juga tidak baik dikonsumsi saat sahur. Mengonsumsi minuman asam dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan perut kamu menjadi terasa perih.

Selain itu, minuman yang terlalu asam bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini