Sukses

Hadits Berbuka Puasa dari Waktu hingga Amalan Sunnahnya yang Perlu Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Hadits berbuka puasa menjelaskan seluk-beluk tentang buka puasa mulai dari waktu berbuka yang benar, doa berbuka puasa, hingga amalan yang bisa dilaksanakan ketika berbuka puasa. Banyak hadits berbuka puasa yang diriwayatkan oleh sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW dan dipercaya kesahihannya atau kebenarannya.

Hadits berbuka puasa ini bisa menjadi patokan untukmu bagaimana cara berbuka puasa yang baik dan benar menurut anjuran Rasulullah SAW dan perintah dari Allah SWT. Jika kamu melaksanakan sesuatu sesuai dengan anjuran atau ajaran yang sudah ditetapkan, pastinya akan mendapatkan keuntungan yang banyak dan juga pahala.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

"Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika mengikuti hadits berbuka puasa saat menjalankan buka puasa. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum hadits berbuka puasa dilansir dari berbagai sumber, Rabu (8/5/2019).

2 dari 3 halaman

Hadits Berbuka Puasa

1. Waktu Berbuka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَا هُنَا ، وَأَدْبَرَ النَّهَارُ مِنْ هَا هُنَا ، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ ، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ(رواه البخاري، رقم 1954 ومسلم، رقم 1100)

Artinya: Jika malam menjelang di sini dan siang pergi di sini, dan matahari terbenam, maka orang yang berpuasa hendaknya berbuka. (HR. Bukhari, nomor 1954, Muslim, 1100)

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka. (Hadits Riwayat Bukhari 4/173 dan Muslim 1093)

3. Berbuka dengan Kurma atau yang Manis

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu:

كَانَ رَسُو لُ اللِّهِ صَلَّى اللَّهً عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أََنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَا تٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَم تَكُنْ حَسَا حَسَواتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.

4. Doa Berbuka Puasa

Hadits yang menjelaskan tentang doa buka puasa.

عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ، أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَ عَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya: Dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa), ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu-ed’ (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka).

Hadits lengkap riwayat Abu Dawud yang menjelaskan doa berbuka puasa berbunyi sebagai berikut:

حدثنا عبد الله بن محمد بن يحيى أبو محمد حدثنا علي بن الحسن أخبرني الحسين بن واقد حدثنا مروان يعني ابن سالم المقفع قال رأيت ابن عمر يقبض على لحيته فيقطع ما زاد على الكف وقال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا أفطر قال ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya, “Kami mendapat riwayat dari Abdullah bin Muhammad bin Yahya, yaitu Abu Muhammad, kami mendapat riwayat dari Ali bin Hasan, kami mendapat riwayat dari Husein bin Waqid, kami mendapat riwayat dari Marwan, yaitu Bin Salim Al-Muqaffa‘, ia berkata bahwa aku melihat Ibnu Umar menggenggam jenggotnya, lalu memangkas sisanya. Ia berkata, Rasulullah bila berbuka puasa membaca, ‘Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘urûqu wa tsabatal ajru, insya Allah’,” (HR Abu Dawud)

Itulah beberapa hadits berbuka puasa mulai dari waktu berbuka, hingga hadits mengenai doa buka puasa. Beberapa hadits berbuka puasa juga menjelaskan bahwa orang yang berpuasa hendaknya menyegerakan untuk berbuka, kemudian adapula hadits berbuka puasa dengan makanan yang manis seperti kurma.

3 dari 3 halaman

Amalan Sunnah Berbuka Puasa

Selain itu ada beberapa hadits berbuka puasa yang menjelaskan amalan sunnah berbuka puasa yang bisa kamu lakukan agar puasa menjadi lebih berkah dan berbuka menjadi lebih bermanfaat dan mendapatkan pahala yang banyak. Berikut ini adalah amalan sunnah berbuka puasa yang bisa kamu lakukan.

1. Menyegerakan berbuka puasa.

2. Berbuka dengan yang manis atau kurma.

3. Berdoa ketika berbuka puasa.

4. Berdoa setelah berbuka puasa.

5. Tidak berlebihan saat berbuka puasa.

6. Memberi makan orang yang berbuka puasa.

Amalan-amalan ini bisa kamu lakukan agar ibadah puasa menjadi lebih lengkap dan juga bisa memberikan pahala yang lebih saat menjalankan puasa.

Loading
Artikel Selanjutnya
Usai Ramadan dan Lebaran, Berat Badan Orang Indonesia Meningkat
Artikel Selanjutnya
Kabar Ronaldo Beri Donasi untuk Palestina Saat Ramadan Ternyata Hoaks