Sukses

Aplikasi Umma, Mudahkan Umat Muslim Menjalankan Ibadah Ramadan

Dengan aplikasi Umma dan program barunya yang bernama Rummah, pengguna bisa lebih mudah saat beribadah, belajar, berdonasi, hingga berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemanfaatan teknologi digital dan kecerdasan buatan tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Malah, teknologi-teknologi terkini bisa membantu umat muslim menjadi lebih baik saat beribadah di bulan Ramadan.

Teknologi tersebut diaplikasikan salah satunya pada platform bernama Umma. Umma merupakan sebuah platform berbasis komunitas yang didirikan anak muda Indonesia.

Terbaru Umma meluncurkan program Ramadan Ummah (Rummah), yakni sebuah program yang dibuat menyambut Ramadan 1440H.

Nah, program ini diklaim mampu memudahkan pengguna saat beribadah, belajar, berdonasi, hingga berinteraksi dengan pengguna lainnya.

CEO dan Co-Founder Umma Indra Wiralaksmana mengatakan, "Program Rummah ini menjadi sebuah solusi untuk para pengguna sekaligus memudahkan dalam melakukan berbagai amalan di bulan suci."

Ia melanjutkan, konten-konten terkait Ramadan menjadi salah satu yang paling banyak diakses oleh umat muslim.

"Berdasarkan data internal, para Ramadan tahun lalu, konten paling banyak diakses pengguna saat Ramadan adalah konten-konten keutamaan Ramadan, amalan saat Ramadan, doa-doa, hingga resep makanan sahur dan berbuka puasa," tuturnya.

Ia mengatakan, konten-konten seperti inilah yang membedakan platformnya dengan platform lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Fitur di Aplikasi Umma

1. Penunjang Beribadah

Terdiri dari waktu sholat dan penunjuk arah kiblat yang dapat digunakan di lokasi manapun berbasis GPS.

2. Memperdalam Ajaran Agama

Melalui beragam artikel siraman rohani dan berbagai video kajian ustaz, umat muslim dapat menambah pengetahuan mengenai agamanya.

Konten yang ada dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

3. Konten Ramadhan

Bacaan-bacaan dan tips bermanfaat termasuk resep-resep makanan untuk membantu umat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan meraih kesuksesan Ramadhan.

3 dari 3 halaman

Donasi

4. Mutaba’ah Yaumiyah

Fitur ini merupakan upaya untuk merekam kegiatan ibadah pengguna sehari-hari di sepanjang Bulan Ramadhan.

Melalui Mutaba’ah Yaumiyah pada aplikasi Umma, pengguna akan mendapatkan poin untuk setiap aktivitas ibadah dan amalan harian yang telah dilakukan dan direkam.

Poin yang terkumpul dapat kemudian didonasikan oleh pengguna dalam bentuk uang tunai ke badan amal yang dipilih oleh pengguna tersebut.

Menurut Indra, fitur Mutaba’ah Yaumiyah merupakan perwujudan dari misi Umma untuk mengajak para penggunanya bersama-sama menuju kebaikan.

Setiap poin yang dihasilkan pengguna umma dari aktivitas ibadah mereka akan dikonversi menjadi donasi yang akan disalurkan oleh Umma melalui Dompet Dhuafa dan Kitabisa.com sesuai dengan program donasi yang dipilih pengguna.

"Kami berharap pengguna umma bisa mewujudkan ketercapaian target total donasi Rp 1 miliar melalui fitur Mutaba’ah Yaumiyah yang ada,” ujarnya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.