Sukses

Aksi Heroik Polisi untuk Pemudik di Lintasan Curam Bandung

Patroli, Bandung - Kemacetan jalur selatan Nagreg menuju arah Tasikmalaya maupun Garut dalam sepekan terakhir membuat sebagian warga mencari jalur alternatif termasuk ke arah Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang tanjakannya dikenal curam.

Akibatnya, banyak kendaraan yang tak kuat melintas terhenti di jalan, sehingga berpotensi terjadi kecelakaan. Aksi heroik pun dilakukan polisi dengan mendorong kendaraan, kemudian mengganjal ban hingga mengambil alih setir kemudi untuk membantu warga agar bisa melanjutkan perjalanan.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (19/6/2018), menuju arah Garut maupun Tasikmalaya mulai ramai dilalui warga, termasuk saat arus balik. Jalan itu merupakan jalur alternatif, setelah  jalur utama selatan di kawasan Nagreg hingga Limbangan terjadi kemacetan cukup parah.

Namun demikian, tak sedikit kendaraan yang melintas tak mampu melewati tanjakan curam dengan kemiringan 30 hingga 45 derajat itu. Makan, tak sedikit pula pengendara sepeda motor yang terjatuh akibat tak kuat menanjak.

Selain kehati-hatian dan kendaraan yang cukup prima, diperlukan keahlian pengemudi untuk melewati tanjakan itu. Polisi mengimbau bagi para pengendara yang akan melintasi jalur tersebut untuk mematikan AC kendaraan terlebih dahulu dan menggunakan gigi satu saat memasuki tanjakan curam. (Galuh Garmabrata)