Sukses

Kumpulan Aplikasi Ini Bikin Momen Lebaran Kian Meriah

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal bisa dilakukan untuk membuat Lebaran kian meriah dan menyenangkan. Seiring perkembangan teknologi, kini banyak aplikasi mobile yang bisa turut memeriahkan Lebaran.

Setiap aplikasi hadir dengan fungsi masing-masing, tapi biasanya bertujuan mempermudah kehidupan sehari-hari, termasuk untuk momen Idulfitri. Nah, untuk memeriahkan Lebaran, ada beberapa aplikasi menarik yang bisa membuat momen bahagia ini semakin meriah.

Tim Tekno Liputan6.com merangkum sejumlah aplikasi menarik untuk Lebaran, berikut ulasan singkatnya:

1. Aplikasi untuk Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Tampilan aplikasi Canva (Foto: Ist)

Ada banyak aplikasi untuk membuat kartu ucapan Lebaran, mulai dari berbayar hingga 100 persen gratis. Dua di antaranya adalah Canva dan Adobe Spark. Keduanya merupakan aplikasi gratis dengan layanan in-app purchases, sehingga ada beberapa konten yang berbayar.

Canva memiliki lebih dari 60 ribu template yang bisa "disulap" menjadi kartu ucapan Lebaran. Tekno Liputan6.com pernah membahas cara penggunaan Canva dan bisa lihat di sini. Canva tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Adobe Spark untuk Android saat ini belum tersedia, baru bisa digunakan oleh pengguna perangkat iOS. Sama seperti Canva, aplikasi kolase desain grafis ini juga memiliki banyak template yang bisa dimanfaatkan sebagai kartu ucapan Lebaran.

1 dari 3 halaman

2. Aplikasi Peta

Layanan peta juga merupakan aplikasi berguna, tidak hanya untuk mengetahui arah jalan, tapi juga arus lalu lintas. Aplikasi ini pun merupakan layanan ideal untuk Lebaran, karena sejumlah orang biasanya berkeliling ke rumah anggota keluarga lain.

Aplikasi peta akan menjadi pilihan tepat untuk membantu Anda memberitahu arah jalan dan arus lalu lintas, agar tidak salah arah dan menghindari macet.

Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps dan Waze untuk membantu perjalanan saat berlebaran ke rumah keluarga atau tempat rekreasi. Kedua aplikasi ini memiliki banyak fitur, termasuk memberikan informasi real-time tentang arus lalu lintas.

Kedua aplikasi ini bisa diunduh gratis, serta tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

2 dari 3 halaman

3. Aplikasi Pesan Singkat

Pengguna smartphone bisa dikatakan tidak bisa lepas dari aplikasi pesan singkat. Saat ini ada beberapa aplikasi pesan populer yang digunakan oleh banyak pengguna smartphone, seperti WhatsApp, Telegram, Line dan BBM.

Ucapan Lebaran pun juga banyak mengalir melalui pesan singkat. Selama beberapa tahun belakangan, banyak orang mengirimkan ucapan selamat Lebaran melalui aplikasi pesan.

Kehadiran aplikasi ini sekaligus turut mempermudah jalinan komunikasi dan tentunya hemat pulsa. Melalui aplikasi pesan, Anda bisa mengirimkan ucapan Lebaran ke banyak orang sekaligus tanpa khawatir kehabisan pulsa.

Selain mengirim pesan, beberapa aplikasi pesan memiliki fitur video call. Kehadiran fitur ini tentu sangat bermanfaat jika Anda tidak bisa pulang ke kampung halaman dan bertemu keluarga secara langsung.

Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan pesan GIF terkait Lebaran melalui aplikasi pesan. Misalnya di Telegram, ketik "@gif eid mubarak", maka akan muncul banyak pilihan gambar GIF Lebaran, pilih sesuai keinginan dan bisa langsung dikirim.

GIF Lebaran di Telegram (Foto: Ist)

Kumpulan aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat momen Lebaran semakin menyenangkan. Selamat merayakan Idul Fitri!

(Din)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ingin Liburan ke Anyer? Cek Jalur Ini agar Tak Terjebak Macet
Artikel Selanjutnya
Berat Badan Naik Setelah Lebaran, Atasi dengan 5 Makanan Ini