Sukses

4 Tips Belanja Online Aman dengan Uang THR

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online memang bukan menjadi fenomena baru di Indonesia. Buktinya, pemerintah memprediksi transaksi e-Commerce di Indonesi menembus nilai fantastis Rp 394 triliun.

Ini artinya, tren belanja online kini mulai berkembang di kalangan masyarakat. 

Kendati begitu, belanja online juga memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Bagaimanapun juga berbelanja di internet tetap akan membuka celah bagi para penjahat sibet (cyber criminal) untuk mengambil keuntungan kamu.

Nah, kamu perlu tahu hal-hal ini sebelum memutuskan untuk berbelanja online di internet, khususnya bagi kamu yang baru saja mendapatkan uang THR. Hal ini perlu kamu ketahui agar belanja online lebih aman dan menyenangkan, sehingga kamu bisa mendapatkan barang yang diinginkan dan bisa dipakai di Hari Raya.

Simak tips selengkapnya sebagaimana dikutip dari Tech Radar, Jumat (1/6/2018).

1. Jangan Mudah Terkecoh

Terkadang ada email penawaran menarik yang masuk ke akun kamu. Waspada jika email tersebut mencurigakan dan jangan mudah terkecoh untuk membuka tautan di dalam email-nya.

Biasanya, email tersebut berupa celah bagi hacker untuk mencuri informasi pribadi dan keuangan Anda. Sebaiknya langsung saja berbelanja online pada portal e-Commerce yang resmi.

2 dari 4 halaman

2. Hati-hati pada Email yang Mengaku dari Bank

Hati-hati pada email yang mengaku dari bank, yang mengatakan perlu log in ke akun kamu dengan cara mengklik tautan untuk me-reset kata sandi. Cek alamat email-nya dan kalau perlu tanyakan langsung ke pihak bank yang terkait.

3 dari 4 halaman

3. Periksa Kartu Kredit

Biasakan untuk meungecek kartu kredit kamu, setidaknya sekali seminggu untuk memastikan bahwa transaksi pembelian benar-benar dilakukan kamu.

Jika ada transaksi yang mencurigakan, jangan ragu untuk menghubungi perusahaan kartu kredit kamu.

4 dari 4 halaman

4. Pasang Perangkat Aman

Pastikan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet, dan komputer kamu dalam keadaan aman.

Kamu dapat memasang antivirus untuk mencegah masuknya malware ke perangkat yang berpotensi untuk mencuri informasi pribadi.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: