Sukses

Tip Mengendarai Motor Saat Mudik untuk Hijabers

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Lebaran, para lady bikers bisa saja pulang kampung dengan mengendarai motor sendiri.

Namun, untuk hijabers, pastikan memperhatikan beberapa hal sebelum berkendara jauh, agar tetap aman dan nyaman.

Terkait itu, Sony Susmana selaku Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menyarankan agar pengendara wanita lebih baik menggunakan skuter matik dibandingkan dengan motor bebek.

"Skutik lebih mudah dan lebih aman. Selain sedikit bertudung, juga tidak ada komponen rantai penggerak roda belakang yang paling sering menjerat pakaian," kata Sony saat dihubungi Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Soal pakaian, Sony mengatakan agar para hijabers bisa memperhatikan pakaian sebelum kendaraan bergerak, maupun saat sedang berjalan. Salah satunya dengan dijepit, diikat, diduduki, dan lain-lain sehingga, pakaiannya tidak melambai, yang bisa mengganggu.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Tips berikutnya, sering-seringlah memeriksa kaca spion untuk tidak hanya melihat kondisi belakang, akan tetapi juga kondisi pakaian dan jilbabnya. Lalu, kurangi kecepatan kendaraan hingga 10 km/jam dari biasanya, untuk meminimalkan risiko terburuk akibat pakaian gamis yang terurai.

Selain itu, gunakan motor sesuai dengan pakaiannya, seperti motor matik atau yang tertutup depannya untuk menahan hempasan angin, sehingga pakaian dan jilbab sedikit tertahan.

Pastikan posisi tangan, kaki pengendara bebas mengoperasikan kendaraannya. Jangan jadikan jilbab sebagai pelindung panas atau debu saat berkendara.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pemudik, Ini 6 Tips Hindari Kehilangan Koper di Bandara
Artikel Selanjutnya
H-4 Lebaran, Kecelakaan Mudik Turun 35 Persen