Sukses

Tips Berpuasa Agar Tubuh Anak Terbiasa

Jangan sembarangan berpuasa. Ini tips tepat agar anak terbiasa berpuasa dan tetap aktif

Liputan6.com, Jakarta Sekalipun ingin menjalankan puasa di bulan Ramadan, orangtua disarankan tidak memaksa anak untuk berpuasa secara penuh.

Hal ini dilakukan agar tubuh anak bisa menyesuaikan diri dan bisa ditingkatkan secara bertahap.

Melansir laman Baylor College of Medicine pada Kamis (17/5/2018), salah satu pediatri akademis, Omar Jaber memberikan beberapa tips berpuasa bagi anak.

1. Makan pagi atau sahur merupakan hal yang paling penting ketika anak berpuasa. Mereka harus mengonsumsi makanan kaya serat seperti serela gandum utuh, polong-polongan, buah, sayur dan sumber protein baik tanpa lemak, mentega kacang, telur, dan produk susu agar kenyang lebih lama.

2. Hindari makanan tinggi gula karena akan meningkatkan keinginan mereka untuk makan, serta menyediakan sedikit nutrisi dalam kalori.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Makanan Asin

3. Jauhkan mereka dari makanan asin untuk mengurangi risiko haus, dan hindari aktivitas tinggi. Knsumsi juga banyak cairan selama waktu tidak puasa untuk tetap terhidrasi.

4. Hindari memaksa mereka untuk makan berlebihan demi mengimbangi penurunan kalori. Makan berlebih bisa menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan rasa tidak nyaman.

5. Hindari minuman berkarbonasi, makanan pedas, serta gorengan untuk mencegah masalah pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.