Sukses

Tips Berpuasa Agar Tubuh Anak Terbiasa

Liputan6.com, Jakarta Sekalipun ingin menjalankan puasa di bulan Ramadan, orangtua disarankan tidak memaksa anak untuk berpuasa secara penuh.

Hal ini dilakukan agar tubuh anak bisa menyesuaikan diri dan bisa ditingkatkan secara bertahap.

Melansir laman Baylor College of Medicine pada Kamis (17/5/2018), salah satu pediatri akademis, Omar Jaber memberikan beberapa tips berpuasa bagi anak.

1. Makan pagi atau sahur merupakan hal yang paling penting ketika anak berpuasa. Mereka harus mengonsumsi makanan kaya serat seperti serela gandum utuh, polong-polongan, buah, sayur dan sumber protein baik tanpa lemak, mentega kacang, telur, dan produk susu agar kenyang lebih lama.

2. Hindari makanan tinggi gula karena akan meningkatkan keinginan mereka untuk makan, serta menyediakan sedikit nutrisi dalam kalori.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Hindari Makanan Asin

3. Jauhkan mereka dari makanan asin untuk mengurangi risiko haus, dan hindari aktivitas tinggi. Knsumsi juga banyak cairan selama waktu tidak puasa untuk tetap terhidrasi.

4. Hindari memaksa mereka untuk makan berlebihan demi mengimbangi penurunan kalori. Makan berlebih bisa menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan rasa tidak nyaman.

5. Hindari minuman berkarbonasi, makanan pedas, serta gorengan untuk mencegah masalah pencernaan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Makan Cabai hingga Puasa, Ini 7 Cara Sederhana Agar Berumur Panjang?
Artikel Selanjutnya
Rekaman Asli Pendaratan Manusia Pertama di Bulan Dijual, Harganya Selangit