Sukses

Arus Balik Melonjak, Polisi Disiagakan di Perbatasan Medan

Sejumlah personel telah disiagakan untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada para pemudik.

Liputan6.com, Medan - Kasat Lantas Polresta Medan Kompol M Hasan memperkirakan puncak arus balik mudik di Kota Medan, Sumatera Utara, terjadi hari ini. Sejumlah personel kepolisian telah disiagakan di sejumlah perbatasan di wilayah Kota Medan.

"Kita memperkirakan puncak arus mudik di Medan terjadi pada hari ini, karena besok sudah mulai bekerja. Sejumlah personel telah disiagakan untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada para pemudik," kata Hasan di Medan, Selasa (21/7/2015).

Ia menjelaskan, lokasi yang disiagakan sejumlah petugas di antaranya perbatasan Medan-Binjai, Medan-Deli Serdang, Medan-Berastagi, dan Medan-Belawan. Adapun masing-masing perbatasan disiagakan 20 personel.

"Personel kita siap siaga di beberapa perbatasan itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, hal itu juga sebagai bentuk untuk memberikan rasa aman kepada para pemudik," ujar dia.

Hasan menerangkan, volume kendaraan yang paling banyak masuk ke Kota Medan saat ini adalah dari arah perbatasan Medan-Berastagi. Jalur itu didominasi oleh kendaraan roda dua. Meski demikian, pihaknya masih bisa mengurai serta mengantisipasi jika kemacetan terjadi.

"Meskipun dari arah perbatasan Medan-Berastagi masih tergolong padat, tetapi para personel kita masih bisa mengantisipasi dan mengurai [kemacetan-kemacetan ](Deliserdang "") yang terjadi," ucap dia.

Selama Operasi Ketupat 2015, sebanyak 12 kasus kecelakaan telah terjadi khusus di wilayah Kota Medan. 11 Kasus di antaranya mengalami luka-luka dan 1 meninggal dunia.

"Kita telah menyiagakan sebanyak 12 pos pengamanan, selain itu juga ada di masing-masing wilayah Polsek sejajaran di bawah koordinasi Polresta Medan," ujar Hasan. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.