Sukses

Mengulik Buah-buahan yang Paling Diburu Saat Ramadan

Buah-buahan kerap menemani hidangan berbuka puasa terutama di daerah tropis, seperti di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Buah-buahan adalah menu favorit selama Ramadan. Kesegaran saat mengkonsumsinya, jadi penyebab buah-buahan kerap menemani hidangan berbuka puasa bagi Umat Muslim terutama di daerah tropis, seperti di Indonesia.

Buah seperti blewah, timun suri, kelapa menjadi langganan dan paling banyak diburu selama Ramadan. Pedagang buah-buahan ini pun laris manis diserbu pembeli.

Yuk, mengulik lebih dekat tentang buah-buahan ini dan apa manfaatnya bagi tubuh. Berikut 5 buah-buahan paling diburu saat Ramadan, seperti dirangkum Liputan6.com, dari berbagai sumber seperti Wordpress, deherba dan sumber lainnya, Rabu (1/7/2015):

1. Blewah

Blewah atau dalam bahasa latin Cucumis melo L merupakan buah yang selalu hadir saat Ramadan tiba.  Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Buah ini berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.

Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Blewah kaya kandungan mineral kalium, provitamin A, serat makanan, dan vitamin C. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal, limpa, menurunkan tekanan darah, dan untuk menyembuhkan sariawan.

Memasuki bulan Ramadan penjualan buah labu blewah yang biasa digunakan sebagai minuman berbuka mengalami kenaikan, Pasar Induk, Kramat Jati, Sabtu, (20/6/2015).  harga buah labu blewah dari Rp. 2.500 menjadi Rp. 4.000 per kg. (Liputan.com/Yoppy Renato)


2. Timun Suri

Buah ini mempunyai nama latin Curcumis Lativus. Buah ini juga merupakan salah satu primadona saat Ramadan. Ciri-ciri timun suri yaitu buahnya berbentuk lonjong dengan warna kulit kuning dan halus. Buah timun suri mempunyai tekstur yang mudah rusak ketika matang, mempunyai aroma yang harum dengan daging buah bercitarasa manis serta miliki kadar air yang cukup tinggi sehingga bisa menambah kesegaran dan pelepas dahaga.Timun suri mengandung banyak vitamin A, serta mengandung glukosa dan fluktosa.

3. Melon

Melon atau bahasa latinnya, Cucumis melo L merupakan nama buah sekaligus tanaman yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya. Buah ini merupakan sumber vitamin A, C, kaya kalium dan likopen.

Percayakah Anda bila sepasang buah melon dapat terjual hingga seharga sebuah rumah?

4. Semangka

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus)

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning. Didalamnya mengandung vitamin A, C, B6, potasium, tiamin dan lainnya.

5. Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Buah ini juga mengandung vitamin B, C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat dan lainnya.

Foto: CNBC

(Nrm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini