Sukses

10.000 Peta Mudik Mulai Disebar untuk Pemudik di Jabar

"Peta ini untuk memudahkan pergerakan arus mudik nanti ke mana. Terus simpul-simpul kemacetan di mana saja, itu ada di peta mudik."

Liputan6.com, Bandung - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat membuat sekitar 10.000 eksemplar peta mudik untuk dibagikan kepada masyarakat. Peta mudik ini diharapkan bisa menjadi bahan informasi serta panduan bagi pemudik Lebaran 2015 nanti.

"Per hari ini sudah kita sebar ke dishub di kabupaten/kota. Itu jumlahnya sekitar 10 ribu," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Deddy Taufik di Bandung, Minggu (21/6/2015).

Menurut dia, peta mudik tersebut memuat berbagai informasi mulai dari rute di Jawa Barat, rest area, hingga call center Dishub Jawa Barat selama arus mudik Lebaran.

"Jadi, peta ini bisa untuk memudahkan pergerakan arus mudik nanti ke mana. Terus simpul-simpul kemacetan di mana saja, itu ada di peta mudik. Jadi, semua lengkap di peta mudik yang memang Jabar jadi tujuan dan lintasan mudik," kata Deddy.

Menghadapi mudik Lebaran tahun ini, ada 8 jembatan timbang di Jawa Barat yang juga akan difungsikan sebagai tempat istirahat (rest area).

"Sesuai edaran Pak Menteri, jadi jembatan timbang tersebut mulai dijadikan rest area pada H-7 Lebaran," jelas Deddy.

Kedelapan jembatan timbang yang dijadikan rest area tersebut adalah Jembatan Timbang Balonggandu, Jembatan Timbang Losarang (memasuki Cirebon), Jembatan Timbang Gentong, Jembatan Timbang Sindang Rasa Ciamis (menuju Banjar).

Kemudian, Jembatan Timbang Cibaragalan (ada di ruas antara Cikopo-Purwakarta), Jembatan Timbang Tomo (di Sumedang-Kadipaten), Jembatan Timbang Kemang (ada di pertengahan Parung, antara Jakarta dan Bogor), dan Jembatan Timbang Bojong ( di sekitar Cianjur).

"Dengan difungsikannya jembatan timbang sebagai tempat istirahat, diharapkan dapat memperlancar tradisi mudik masyarakat Jabar," ujar Deddy.

Dia mengatakan akan bekerja sama dengan pihak lain agar jembatan timbang ini bisa semakin nyaman digunakan beristirahat. "Jadi, kami akan kerja sama dengan beberapa vendor sehingga bisa lebih nyaman untuk pemudik nantinya," tandas Deddy. (Ant/Sun/Bob) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini