Sukses

Ma'ruf Amin: Jokowi Tak Perlakukan Ulama Seperti Daun Salam

Calon wakil presiden Ma'ruf Amin, mengatakan, setiap ada kontestasi pemilihan, baik Pilkada maupun Pemilu, ulama selalu dicari oleh para kontestan.

Liputan6.com, Depok Calon wakil presiden Ma'ruf Amin, mengatakan, setiap ada kontestasi pemilihan, baik Pilkada maupun Pemilu, ulama selalu dicari oleh para kontestan. Hal ini disampaikannya saat berkampe di Lapangan Kamboja, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2019).

"Ulama emang dari dulu tukang dukung. Kalau ada pemilihan presiden dan wakil presiden pasti yang di cari ulama," ucap Ma'ruf di lokasi.

Dia menuturkan, saat sudah mendapat dukungan dan menang, para kontestan ini acap kali melupakan peran ulama. Dia pun menganalogikan sikap itu seperti daun salam.

"Ulama itu kayak daun salam. Kalau mau masak di cari daun salam biar sedap. Tetapi kalau udah matang, yang pertama dibuang adalah daun salam," kata Ma'ruf.

Namun, dia mengungkapkan, hal ini tak berlaku kepada pasangannya, calon presiden Joko Widodo atau Jokowi. Selain meminta dukungan, tapi juga mengajak ulama menjadi pendampingnya.

"Tapi Pak Jokowi tidak. Dia minta dukungan ulama, tapi (juga) mengandeng ulama sebagai wakilnya," ungkap Ma'ruf.

Pada kesempatan itu pula, dia menjelaskan juga bahwa Jokowi sudah banyak berbuat, terlebih untuk umat muslim, seperti menyerahkan sertifikat tanah wakaf untuk masjid, musala, serta pondok pesantren. Dirinya lantas menyindir balik yang meragukan Jokowi.

"Banyak yang telah Beliau perbuat. Ente berbuat apa untuk Islam," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjasa

Sebelumnya, Ma'ruf Amin menyindir pihak-pihak yang menyebar hoaks tentang Jokowi anti-Islam. Dia mengatakan, Jokowi sangat dekat dengan islam. Buktinya, ia memilih kiai sebagai cawapres.

"Jadi kalau ada bilang Pak Jokowi anti-Islam. Itu bohong," ucap Ma'ruf.

Karena itu, Ma'ruf Amin meminta masyarakat untuk mendukung pasangan nomer urut 01 Jokowi-Ma'ruf. Yang menurutnya sebagai pasangan serasi antara nasionalis dan religius.

"Jadi kalau kalau ingin negara ini aman, bersatu, maju, sejahtera maka harus pilih 01. Mari ajak saudara tetangga, kenalan mantu, pokoknya semua yang tidak kenal ajak coblos 01," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.