Sukses

Polisi : Tidak Ada Rekayasa Lalu Lintas Saat Debat Capres

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tak akan memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk pengamanan debat capres yang akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, malam ini.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tak akan memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk pengamanan debat capres yang akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, malam ini. Namun, keputusan rekayasa sewaktu-waktu dapat diberlakukan jika kondisi lalu lintas mengalami kepadatan.

"Tidak ada rekayasa, hanya pengamanan lalu lintas di sekitar Hotel Sultan diperketat. (Namun) Apabila situasi di lapangan ada kemacetan kami akan laksanakan diskresi," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf saat dikonfirmasi, Minggu (17/2/2019).

Kata Yusuf, untuk kelancaran lalu lintas ia menerjunkan ratusan personel. "Sebanyak 614 personel ya," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan sebanyak 2.981 personel gabungan TNI, Polri akan diturunkan saat debat capres kedua calon Presiden pada hari Minggu (17/2/2019) di Hotel Sultan, Jakarta. Personel tersebut nantinya akan dibagi menjadi tiga ring.

Argo mengatakan pengamanan juga dibantu oleh pasukan pengamanan presiden di lokasi acara debat.

"Pertama di lokasi debat itu sendiri, ring kedua di sekitar hotel, keluar masuk jalan hotel, ring ketiga Hotel Sultan ke Bundaran Semanggi," ujar Argo, Jumat (15/2/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skenario Pengamanan

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengatakan, dari pengalaman debat pertama kemarin, tak ada personel tambahan.

"Sesuai yang kemarin aja, 2.000 berapalah gitu, itu yang kelebihannya dimasukin semua BKO," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya juga mengamankan semua titik sekitar lokasi debat. Termasuk pengamanan di area nonton bareng debat di Parkir Timur Senayan.

"Sekarang juga ada di GBK di Parkir Timur sudah disiapin untuk dua tempat. (Pengamanan) Sudah kita pisahkan dua, ditengah-tengahnya ada petugas polrinya. Ini karena spacenya lebih besar ya mudah mudahan tidak akan ketemu. Karena pintu masuknya juga sudah kita pisahkan, terus masuknya juga tempatnya sudah kita siapin," pungkasnya.

Sementara itu pantauan merdeka.com, lokasi debat capres masih terlihat sepi. Hanya beberapa petugas yang melakukan pengamanan dibantu oleh petugas keamanan hotel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.