Sukses

Kenangan Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Padang Pariaman

Ma'ruf mengaku, mempunyai kenangan di pesantren yang diasuh oleh Syekh Muhammad Rais itu. Dimana, satu tahun lalu, dia diberi gelar Tuanku Imam Nan Arif.

Liputan6.com, Padang Pariaman - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menutup kunjungannya ke Sumatera Barat, dengan mendatangi tabligh akbar di Pondok Pesantren Nurul Yaqin di Ringan-ringan Padang Pariaman.

Ma'ruf mengaku, mempunyai kenangan di pesantren yang diasuh oleh Syekh Muhammad Rais itu. Dimana, satu tahun lalu, dia diberi gelar Tuanku Imam Nan Arif.

"Dulu pernah diberi gelar ini, berarti pulang kembali ke ponpes Nurul Yaqin ini," ucap Ma'ruf di lokasi, Jumat, 8 Februari 2019.

Dalam kesempatan itu, dia menceritakan bagaimana peran ulama dalam menentukan pemimpin. Dimana, para ulama memberikan solusi kepada pemerintah dengan melalui Istinbath hukum (upaya mengeluarkan hukum), dengan memberikan kekuasan yang disebut Waliyul Amri yang sah.

"Dikhawatirkan terjadi gejolak di masyarakat, dan terutama efek besar dalam menjalankan syariat agama maka ulama sepakat memberikan jabatan Waliyul Amri," ungkap Ma'ruf Amin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Ulama

Dia menegaskan, jika tidak ada ulama, maka mungkin saja akan terjadi kekacauan dalam sebuah negara. 

"Kalau enggak ada ulama bisa geger itu, tapi ada ulama bisa menyelesaikan persoalannya," pungkas dia. 

Usai acara, Ma'ruf melakukan ziarah ke makam Syekh Burhanuddin Nagari Ulakan, Kecamatan Nagari Tapakis, Kabupatennya Pariaman.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin