Sukses

Ditanya Soal Kesetaraan Gender, Ini Jawaban Ma'ruf Amin

Ma'ruf Amin ditanya soal kesetaraan gender saat mengisi kuliah umum di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menjabarkan pandangannya terkait isu kesetaraan gender di Indonesia. Hal itu disampaikan saat memberikan kuliah umum di kuliah umum Rajaratnam School of International Studies-Nanyang Technological University di Singapura, Rabu (17/10/2018).

Dalam sesi tanya jawab, mahasiswa Indonesia di Singapura menanyakan apakah pandangan Islam moderat mendukung kesetaraan gender, juga terkait undang-undang yang belum mengakomodasi hal tersebut.

"Saya kira Islam memberikan peluang dalam Qur'an sama, siapa saja laki-perempuan kalau berbuat baik mendapatkan balasan yang sama," jawab Ma'ruf.

Ketua Majelis Ulama Indonesia nonaktif itu menegaskan, perempuan diposisikan sama dengan pria, bahkan lebih tinggi. Ma'ruf mengilustrasikannya dengan pemaknaan surga di bawah telapak kaki ibu.

"Orang yang capai surga karena tergantung peran perempuan memiliki peran strategis," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjawab Soal UU

Sementara, soal UU yang masih jauh dari kesetaraan gender, Ma'ruf menyebut anggota DPR belum memiliki pemahaman menyeluruh saat proses legislasi.

Tak cuma persoalan gender, menurut Ma'ruf mereka juga beda pandangan dalam hal ekonomi, sosial, pendidikan. Menurutnya perlu ada edukasi dan pemahaman berkelanjutan.

"Mungkin belum dipahami secara keseluruhan banyak masalah perbaikan kalau belum dipahami legislator anggota DPR," terang mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.