Sukses

Raih 76.627 Suara, Tina-Ado Menangkan Pilkada Mamuju 2020

Pasangan Tina-Ado mengalahkan petahana Habsi-Irwan yang hanya mampu meraih 67.029 suara di Pilkada Mamuju 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Siti Sutinah Suhardi-Ado Mas’ud atau Tina-Ado berhasil menumbangkan pasangan petahana Habsi Wahid dan Irwan Satya (Habsi-Irwan) pada Pilkada Mamuju 2020.

"Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara Pilkada Mamuju yang dilakukan KPU Mamuju, paslon Tina-Ado bernomor urut satu berhasil memenangkan Pilkada Mamuju dengan meraih 76.627 suara," ujar Ketua KPU Mamuju Hamdang Dangkan, seperti dikutip dari Antara, Kamis (17/12/2020).

Dia menyebut, pasangan Tina-Ado mengalahkan petahana Habsi-Irwan yang hanya mampu meraih 67.029 suara di Pilkada Mamuju.

Menurut Hamdang, rapat pleno penetapan rekapitulasi suara Pilkada Mamuju dilakukan selama dua hari dan selanjutnya KPU Mamuju kembali akan menetapkan paslon terpilih Bupati-Wakil Bupati Mamuju Pilkada 2020.

"Agenda penetapan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju terpilih segera akan digelar jika tidak ada gugatan dari paslon yang kalah ke Mahkamah Konstitusi (MK)," kata dia.

Namun, Hamdang menjelaskan, apabila paslon kalah dan tidak puas dengan hasil rekapitulasi suara, maka mereka harus mendaftarkan gugatannya ke MK paling lambat tiga hari setelah penetapan hasil penghitungan suara ini.

"KPU Mamuju akan menunggu hasil dari MK jika Pilkada Mamuju digugat kesana, namun jika tidak ada gugatan maka penetapan pasangan calon terpilih segera dilaksanakan," terang dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan Terima Kasih

Hamdang pun menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak atas selesainya rekapitulasi suara Pilkada Mamuju dan sampai saat ini seluruh tahapannya berjalan aman, damai, serta lancar.

"Partisipasi pemilih Pilkada Mamuju 2020 mencapai 85 persen berkat dukungan seluruh pihak, semoga ini bisa dipertahankan di masa mendatang dan pilkada semakin berkualitas di Mamuju," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Peta Kerawanan Pilkada Serentak 9 Desember 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.