Sukses

Ketua KPU Harap Tingkat Partisipasi Publik Tinggi di Pilkada 2020

Menurut Ketua KPU, tingkat partisipasi masyarakat bisa dilihat pada November nanti atau sebulan jelang pencoblosan pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Pilkada 2020 digelar pada Desember nanti. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, berharap tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada ini tetap tinggi, meski pandemi Corona masih berlangsung.

"Untuk Pilkada 2020 target kita masih sama lalu apa harapannya, tentu sebagai penyelenggara saya berharap partisipasi masyarakat tetap tinggi," kata Arief dalam diskusi virtual, Kamis (28/5/2020).

Menurut dia, tingkat partisipasi masyarakat bisa dilihat pada November nanti atau sebulan jelang pencoblosan pilkada. Tentunya, ini akan berkaitan dengan tingkat penyebaran virus corona di Tanah Air.

"Pada November Desember itu setidaknya itu kurva kita naik, maka tentu berat bagi kita," ucap Arief.

Arief berharap hajatan pilkada bisa diikuti dengan antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. Apalagi, suara masyarakat bakal menentukan nasib daerahnya masing-masing.

"Karena ini hajat yang menentukan daerah bagi kepala daerah-daerah," imbuh Arief.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Lain

Selain itu, Arief mengimbau kepada penyelenggara Pilkada di daerah menjaga kepercayaan publik dan integritas.

"Karena kalau sudah tidak ada trust apapun betul yang dilakukan KPU pasti salah, dianggap buruk, maka itu menganggu legitimasi terhadap proses dan hasil pemilu," pungkas Ketua KPU.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.