Sukses

Tb Hasanuddin Siapkan Diklat Entrepreneur untuk Generasi Milenial

Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tb Hasanuddin akan menyiapkan diklat entrepreneur untuk kalangan muda agar generasi milenial.

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tb Hasanuddin akan menyiapkan diklat entrepreneur untuk kalangan muda agar generasi milenial. Diklat itu ditujukan untuk terus mengembangkan minat dan bakatnya dalam berwirausaha, melalui pendidikan dan pelatihan berbisnis.

"Kreativitas anak muda di Jawa Barat, sering kali tidak tersalurkan menjadi sebuah peluang untuk dijadikan modal berwirausaha," kata Hasanuddin di Bandung.

Ia mengatakan, salah satu langkah awal untuk mengagas diklat tersebut ialah dengan digelarnya acara Dialog Milenial Entrepreneur, yang diselenggarakan Bidang Ekonomi DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, di salah satu pusat perbelanjaan, Kota Bandung.

Pria yang akrab disapa Kang Hasan ini mengatakan, belum optimalnya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah, menjadi kendala bagi generasi milenial untuk menjadi entrepreneur di usia muda.

"Saya sama Pak Anton, akan menyiapkan semacam diklat entrepreneur, yaitu anak muda dilatih pada kurun waktu tertentu, diberi pelatihan praktik tentang berbisnis dan masalah ekonomi kreatif," katanya.

Menurut Pria yang pernah belajar di Prancis itu, pada kenyataannya, memang masih banyak anak muda di Jawa Barat, yang tidak memiliki ruang untuk ekpresi sebagai generasi muda, baik seni, budaya, atau kegiatan positif lainnya. Dengan begitu, lanjut Kang Hasan, melalui Diklat Entrepreneur, kreativitas anak muda akan lebih terarah dan mampu meningkatkan taraf perekonomiannya.

"Banyak juga yang tidak bisa melanjutkan sekolah, kemudian yang lulus sekolah, bekerja sulit, perlu kebijakan yang dapat menampung mereka, ya dengan Diklat Entrepreuneur itu," kata Tb Hasanuddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modal Usaha

Selain memberikan pelatihan, Kang Hasan juga akan membantu modal usaha bagi usaha generasi milenial yang mempunyai potensi untuk dikembangkan.

Dengan begitu, lanjutnya, bantuan permodalan tersebut bukan hanya mampu mewujudkan kemandirian ekonomi, melainkan juga menghasilkan lapangan kerja bagi masyarakat.

"Ini katakanlah investasi jangka panjang untuk mereka, yang penting anggaran itu dipergunakan untuk kepentingan rakyat, karena uang rakyat ya untuk rakyat," katanya.

Wakil Ketua Bidang Ekonomi PDI Perjuangan Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, mengungkapkan kegiatan ini digelar sebagai sarana untuk memberi pendidikan kewirausahaan kepada generasi muda.

"Generasi muda memiliki peranan yang penting dalam mengisi pembangunan. Generasi milenial ini juga identik dengan ide-ide yang segar dan kreatif, karenanya pemerintah wajib memberikan perhatian lebih kepada mereka, " kata Ineu yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Jabar ini.

Pada kesempatan tersebut, Kang Hasan ditemani sang istri Ika Eviolina Hasanuddin, sempat ikut bernyanyi dengan para entrepreneur muda yang hadir, serta berbincang santai.

Hadir pada acara tersebut, istri calon wakil gubernur Jawa Barat nomor urut dua Ajeng Anton Charliyan, dan ratusan generasi muda.

Selain berbagi pengalaman dari para entrepreneur muda, acara tersebut juga diisi oleh penampilan musik dari Koes Plus Junior.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.