Sukses

Djarot Ajak Warga Kalisari Buat Bank Sampah dan Kerambah Ikan

Bank sampah itu akan berada di bawah naungan Dinas Kebersihan DKI Jakarta bekerjasama dengan pengurus RT dan RW setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengajak warga Kalisari untuk membuat bank sampah dan kerambah ikan. Hal itu disampaikannya saat blusukan di RT 11 RW 03, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Djarot ingin warga semakin mengerti pentingnya kebersihan dan menjaga lingkungan kali agar tetap sehat. Adanya bank sampah diharapkan dapat membuat warga lebih disiplin, terlebih untuk tidak membuang sampah ke kali.

"Saya minta tolong Pak RT atau Pak RW di sini buat bank sampah. Nanti kita yang beli," tutur Djarot di lokasi blusukan, Rabu (2/11/2016).

Untuk pelaksanaannya, lanjut Djarot, bank sampah itu akan berada di bawah naungan Dinas Kebersihan DKI Jakarta bekerjasama dengan pengurus RT dan RW setempat.

"Kita juga sosialisasi ke warga, untuk nantinya bank sampah itu bisa dijalankan sendiri di setiap rumah. Misalnya dengan memilah sampah organik dan anorganik," jelas dia.

Djarot menyebut, sampah yang terkumpul di bank sampah nantinya akan dibeli oleh Pemprov DKI. Sehingga uangnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat.

"Nanti kita beli. Tapi mereka harus punya rekening Bank DKI," ujar Djarot.

Djarot yang juga meninjau Kali Mati saat blusukan, terlihat cukup takjub dengan kondisi kali tersebut. Pasalnya, aliran air tampak bersih dan dijaga oleh petugas dari unit UPK Badan Air Dinas Kebersihan.

"Ini baru kali, aliran airnya lancar dan airnya bening. Kadang-kadang saya suka ngelus dada orang buang sampah apa enggak mikir yang ngambil bukan kita, tapi petugas. Kok egois banget," kata Djarot.

Bagusnya penampakan kali yang ada, membuat dia mengajak warga untuk membuat keramba. Bagi Djarot, hal itu dapat menambah pemasukan warga.

"Cuma nanti kerambanya jangan banyak-banyak. Harus dibatasi. Supaya nggak jadi merusak kali dengan banyaknya keramba," pungkas mantan Walikota Blitar itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, MS adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta yang menjabat sejak 17 Desember 2014.
    Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, MS adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta yang menjabat sejak 17 Desember 2014.

    Djarot Saiful Hidayat

  • Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017
    Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon nomor urut dua Pilkada DKI Jakarta 2017

    Ahok Djarot

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017