Sukses

KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2019

Fokus, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi nasional pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019. Simulasi digelar di halaman Gedung KPU dengan tujuan sosialisasi dan mengetahui jalannya pemungutan suara.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (12/3/2019), pada simulasi pemungutan suara KPU mengambil 300 daftar pemilih tetap (DPT) yang diperankan para pegawai.

Simulasi dilakukan seolah-olah berada di TPS dengan lima kotak suara untuk lima jenis surat suara mulai dari calon presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD Provinsi, DPRD Provinsi, dan DPRD Kab./Kota.

Jelang waktu pemungutan berakhir, petugas juga akan memanggil warga yang belum menggunakan hak pilih untuk datang ke TPS.

“Nanti di TPS juga gitu. Sampai menjelang pukul 13.00 WIB belum ada 300 pemilih, ya harus dipanggil,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman.  

Pemilu yang akan diselenggarakan pada 17 April mendatang merupakan pemilihan umum terbesar dalam sejarah Indonesia. Berdasarkan DPT hasil perbaikan dua, jumlah pemilih mencapai 192.828.520 orang. (Karlina Sintia Dewi)