Sukses

Kata Emil Dardak soal Disebut PDIP Cocok Jadi Menteri Ketimbang Cawagub Jawa Timur

Emil menyatakan, ia dan Khofifah telah menjalin kerja sama sejak lama. Oleh sebab itu, Ia amat yakin dipasangkan dengan Khofifah untuk maju Pilgub Jatim 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Dardak, menanggapi ihwal pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah yang menyebut Emil lebih cocok menjadi menteri di kabinet pemerintahan Prabowo ketimbang menjadi calon wakil gubernur di Pilgub Jatim 2024.

Menurut Emil, jabatan menteri menjadi hak prerogatif Prabowo saat nanti sudah resmi dilantik menjadi presiden RI. Meski begitu, Emil menghargai pendapat Said.

"Pak Said Abdullah beliau senior saya sehingga saya ya berterima kasih atas pandangan beliau, tapi sekali lagi bukan di ruang saya untuk itu (mengomentari posisi menteri)," kata Emil di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

Emil menyatakan, ia dan Khofifah telah menjalin kerja sama sejak lama. Oleh sebab itu, Ia amat yakin dipasangkan dengan Khofifah untuk maju Pilgub Jatim 2024.

"Sebagai tokoh nasional, beliau (Khofifah) Ketum Muslimat di mana saya sebaiknya berada. Pasti beliau juga sudah berembuk dengan Pak Prabowo," ujarnya.

Terlebih, lanjut Emil, rekomendasi maju Pilgub Jatim 2024 bersama Khofifah sudah diberikan enam partai politik (parpol). Sehingga dukungan tersebut harus ditindaklanjuti dengan kerja nyata.

"Surat rekomendasi sudah diserahkan pertama Pak AHY, Pak Airlangga, Pak Zul (Zulkifli Hasan), kemudian Mas Kaesang, Pak Hary dari Perindo, kalau PPP aspirasi ya, dari Bapak Prabowo Subianto dan kemarin Mas Gibran ke Surabaya," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan, pihaknya tengah berkomunikasi agar kader PDIP menjadi calon wakil gubernur Jawa Timur berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa pada Pilkada 2024.

"Kami akan mendorong kader kami agar bisa mendapat tempat sebagai orang kedua," kata Said, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Dia mengaku, sudah berkomunikasi dengan Partai Gerindra dan PAN. Bahkan, sudah bertemu dengan Emil Dardak.

"Kami kan kemaren sudah bertemu dengan PAN, sudah bertemu dengan Gerindra, bahkan kami sudah bertemu hati ke hati dengan Mas Emil Dardak," ungkap dia.

Said menilai, sosok Emil Dardak sudah selayaknya menjadi menteri. Sehingga, posisi cawagub Jatim diberikan kepada kader PDIP.

"Emil Dardak itu kelasnya sudah menteri kali ya," imbuh Said.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerindra Resmi Usung Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim

Partai Gerindra resmi menyatakan dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024.

Pernyataan dukungan disampaikan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto usai menerima kunjungan Khofifah-Emil di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

"Kami dari Partai Gerindra memutuskan untuk mengusung, mencalonkan dan mendukung Ibu Khofifah dan Pak Emil Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur untuk periode 5 tahun yang akan datang dalam pemilihan bulan November tahun ini," kata Prabowo.

Pertemuan Prabowo beserta jajaran Partai Gerindra dengan Khofifah dan Emil Dardak berlangsung singkat. Prabowo bilang, inti pertemuan memastikan seluruh partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) juga akan mendukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024.

"Kita tukar menukar pandangan sejenak, intinya adalah seluruh kekuatan partai gerindra bersama kawan kawan dari Koalisi Indonesia Maju juga akan bekerja keras untuk menyukseskan Ibu Khofifah dan Mas Emil," ucap Prabowo.

 

3 dari 3 halaman

Kinerja Khofifah-Emil Dardak Dinilai Bagus

Menurut Prabowo, dukungan diberikan kepada Khofifah-Emil karena kinerja keduanya sudah terbukti selama memimpin Jatim. Sehingga, Khofifah-Emil Dardak dinilai layak kembali memimpin Jatim.

"Prestasinya membanggakan, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur. Kita perlu mereka untuk akselerasi mempercepat kemajuan jatim sebagai salah satu provinsi kunci di Indonesia," ujar Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini