Sukses

Zulhas Klaim Ridwan Kamil Akan Berlaga di Pilkada Jakarta, PAN Siapkan Ini di Jabar

Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan, telah menyiapkan sejumlah nama untuk dimajukan di Pilkada 2024, khususnya bersaing sebagai gubernur dan calon gubernur mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan, telah menyiapkan sejumlah nama untuk dimajukan di Pilkada 2024, khususnya bersaing sebagai gubernur dan calon gubernur mendatang.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, juga sudah menyiapkan nama di Pilkada Jawa Barat, yaitu mantan Wali Kota Bogor Bima Arya dan Politikus PAN Dessy Ratnasari.

Dia mengklaim bahwa sosok Ridwan Kamil yang bakal jadi petahana tak maju di Pilkada Jabar, melainkan di Pilkada Jakarta.

"Pak Ridwan Kamil mungkin akan di Jakarta ya. Jawa Barat selain RK kan ada Bima Arya, ada Desy dari kami. Dari partai lain ya silahkan nanti kan koalisi juga," kata Zulkifli Hasan kepada wartawan dalam Rakornas PAN di Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2024).

Meskipun demikian, pria yang akrab disapa Zulhas ini pun mengungkapkan, juga menyiapkan sejumlah nama untuk maju di Pilkada Jakarta. Diantaranya, Eko Patrio, kemudian Zita Anjani dan mantan Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

"DKI tentu kami ada calon Zita, ada Fasha, bapak Eko semua laris, Eko, tentu nanti berbicara dengan teman-teman partai lain. Kami kan 10 kursi. Syaratnya itu 21 kursi. Tentu kita harus berbicara dengan teman-teman partai lain," jelas dia.

Menurut Zulhas, untuk Banten nantinya akan ada enam nama yang diusung dan didukung oleh PAN. Salah satunya yakni mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmy Diany.

"Banten banyak yang sudah daftar 6 orang. Ada Airin, Dimyati, ada Arief ada enam orang. (Daftar ke PAN) Iya nanti kita lihat koalisinya. Kan kami punya Koalisi Indonesia Maju kan. Ada PAN, Golkar, Gerindra, Demokrat. Tentu ini dulu kita lihat," ucapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khofifah Tak Didukung Separuh-separuh

Kemudian, untuk di wilayah Jawa Timur dirinya mendukung penuh Khofifah Indarparawansa untuk bertarung pada Pilgub 2024. Termasuk siapa yang akan menjadi calon wakil gubernur dari Khofifah.

"Saya kalau dukung enggak separuh-paruh, terserah beliau saja yang terbaik di Jawa Timur buat ibu saja. Terserah ibu Khofifah," jelas dia.

Sementara itu, Khofifah mengucapkan rasa terimakasih kepada partai yang dipimpin Zulhas atas dukungan yang diberikan kepada dirinya.

"Tentu terima kasih seluruh support dan komitmen dari PAN untuk memberikan Jawa Timur ruang, peluang bagi kami melanjutkan perjuangan di Jawa Timur pada kontestasi November yang akan datang," ujar Khofifah.

 

3 dari 3 halaman

Jawaban Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jakarta atau Jawa Barat

Politikus Golkar Ridwan Kamil mengatakan, keputusan maju dalam Pilkada 2024 bakal disampaikan satu atau dua bulan ke depan.

Meski demikian, dia belum bisa menyampaikan akan maju sebagai calon gubernur di Jakarta atau justru kembali bertarung di Pilkada 2024 Jawa Barat. Menurut Ridwan Kamil, semuanya masih dibahas bersama partai politkk dan pihak lainnya.

Menurut Ridwan Kamil, baik di Jawa Barat maupun di Pilkada Jakarta, sama-sama diyakininya punya peluang yang baik. Sehingga, dia akan berbicara dengan pimpinan partai untuk mengambil langkah selanjutnya.

"Saya harus konsultasi dulu ke semua pihak. Khususnya kepada para pimpinan partai," ungkap mantan Gubernur Jawa Barat ini.

Ridwan Kamil juga menuturkan, sejauh ini tidak ada persiapan apapun yang dia lakukan untuk urusan pilkada.

Mantan Wali Kota Bandung ini pun menegaskan bahwa pengumuman terkait pilkada bakal dia sampaikan pada waktu yang tepat.

"Nanti saya kabari keputusannya, enggak bisa sekarang," tutur Ridwan Kamil.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini