Sukses

Surya Paloh Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran, Begini Respons Ganjar Pranowo

Calon presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo, mengaku menghormati sikap partai politik (parpol) lain yang mengucapkan selamat Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo, mengaku menghormati sikap partai politik (parpol) lain yang mengucapkan selamat Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Ganjar menanggapi terkait pernyataan dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang telah memberikan selamat kepada Prabowo-Gibran atas kemenangan di pilpres 2024.

"Terkait dengan ketua parpol lain, mereka punya sikap sendiri-sendiri ya, kami sangat menghormati itu. Dan itu sah adanya," kata Ganjar Pranowo saat jumpa pers di Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Terlepas dari itu, Ganjar mengaku ke depan akan membangun komunikasi dengan pimpinan parpol setelah penetapan hasil pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai bentuk merawat komunikasi politik.

"Maka setelah ini pun kami akan berkomunikasi lagi kepada beliau-beliau. Rasanya fatsun politik itu mesti kita lakukan," ujar Ganjar.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan partainya telah menerima hasil rekapitulasi pemilu 2024.

"Partai NasDem menyatakan menerima hasil pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, baik pemilihan anggota legislatifnya (pileg) maupun pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres)," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

"Partai NasDem mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik peserta pemilu legislatif 2024, dan ketiga pasangan calon yang telah mengikuti kontestasi pemilihan presiden pada pemilu 2024," sambungnya.

Selain itu, Surya Paloh juga mengucapkan selamat kepada capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang meraih suara terbanyak pada pilpres 2024.

"Partai NasDem mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pilpres 2024," ujar Surya Paloh.

Atas berbagai catatan yang ada, kata Surya Paloh, Partai NasDem berkomitmen untuk berada dalam kehendak untuk terus-menerus memperbaiki kehidupan demokrasi dan politik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Anies soal Surya Paloh Terima Kasih Pilpres dan Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan, menanggapi soal Partai NasDem yang menyatakan telah menerima hasil pemilu 2024 yang telah diumumkan KPU dan mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai pemenang pilpres 2024.

"Parpol juga memiliki sikap yang harus dihormati. Jadi kami menghormati, menghargai," kata Anies di Markas Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Saat ini, lanjut Anies paslon maupun parpol pengusung tengah menempuh proses konstitusional. Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut semua jalur yang diambil bertujuan untuk menjaga proses demokrasi.

"Kita juga menghormati langkah yang diambil oleh semua partai-partai lain dan harapannya nanti kita akan melihat demokrasi kita lebih baik," kata Anies Baswedan.

Meski begitu, Anies menegaskan ia bakal tetap teguh berada di jalan perubahan. Hal tersebut, kata Anies, guna menjaga proses demokrasi tetap berjalan dengan baik.

"Insyaallah kita terus sejalan di dalam mengusung gagasan perubahan untuk demokrasi yang lebih baik. Jadi di aspek itu kita bersama-sama dan kita saling menghormati," ucap Anies.

3 dari 3 halaman

Kecewa Sikap Surya Paloh, Relawan AMIN Turunkan Bendera NasDem

Bendera Partai NasDem di halaman markas pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Jalan Diponegoro 10, Jakarta Pusat diturunkan oleh relawan AMIN.

Dengan mengenakan seragam loreng lengan panjang bertuliskan anggota Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI), Zacky menurunkan bendera Partai NasDem.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Kamis (21/3/2024), Zacky menurunkan bendera Partai NasDem seorang diri sekitar pukul 11.16 WIB. Tampak bendera telah diturunkan setengah tiang.

Terlihat, Zacky juga mengenakan dalaman baju kaus bertuliskan Barisan Anak Kolong atau Barak AMIN yang dikenal sebagai relawan AMIN.

Aksi Zacky tersebut dihentikan oleh relawan lain yang berada di Markas Pemenangan AMIN dibantu seorang penjaga keamanan. Akhirnya, bendera Partai NasDem dinaikkan kembali.

Zacky mengatakan, penurunan bendera NasDem dia lakukan karena kecewa dengan sikap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menerima hasil pemilu 2024 yang diumumkan KPU RI dan mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran.

"Betul-betul saya miris dengan keadaan saat ini. Indonesia dipimpin rezim komunis selama dua periode," kata Zacky.

Dia menyebut, tak diperintah siapa pun terkait aksinya ini. Zacky bilang, aksi dilakukan atas kemauan sendiri.

"Tanpa dikomando, saya sendiri," ujar Zacky.

Menurut Zacky, Partai NasDem tidak menjaga komitmen karena menyatakan telah menerima hasil pemilu 2024 yang menetapkan paslon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang pilpres 2024.

"Beliau (Surya Paloh) sudah berkumpul dengan mereka. Menurut berita NasDem ini sudah menerima hari keputusan dan mengucapkan selamat," ujar Zacky.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.