Sukses

Golkar Kini Mulai Fokus ke Pilkada Usai Raih Hasil Bagus di Pileg 2024

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengisyaratkan partainya kini mulai fokus untuk helatan Pilkada 2024, usai berhasil raih hasil bagus di Pileg 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengisyaratkan partainya kini mulai fokus untuk helatan Pilkada 2024, usai berhasil raih hasil bagus di Pileg 2024.

Menurut dia, Golkar kini lebih dari seribu kader terbaik di daerah untuk maju pada perhelatan yang rencananya digelar KPU November mendatang.

“Golkar sudah mempersiapkan 1.040 calon kepala daerah, dimana seluruhnya sudah diberikan penugasan dan akan segera dilakukan evaluasi,” kata dia seperti dilansir dari Anatara, Jumat (15/3/2024).

Dalam acara syukuran bersama jajaran pengurus Golkar di Bali tersebut, Airlangga mengatakan untuk menuju Pilkada 2024 harus segera dilakukan evaluasi terhadap capaian pemilihan legislatif.

Sebelum lebih jauh Pilkada 2024, Airlangga mengatakan akan menggelar pelatihan santiaji, atau program pembinaan bagi calon anggota legislatif terpilih baru di partai tersebut.

Pelatihan tersebut akan digelar oleh Golkar Institute dengan target akan berlangsung hingga tingkat bawah di provinsi maupun kabupaten/kota.

Sebelumnya, para petinggi partai Golkar menyambut positif hasil Pemilu 2024, di mana sejauh ini partai berlambang pohon beringin tersebut berada di posisi kedua. Hal inilah yang membuat sudah waktunya para kader terus menjaga persatuan.

Hal ini disampaikan dalam momentum acara buka puasa bersama dan konsolidasi partai, serta silaturahmi partai Golkar seluruh Indonesia di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali Jumat (15/3/2024).

"Dengan hasil ini seperti, yang Pak Luhut (Ketua Dewan Penasihat Golkar, Luhut Binsar Pandjaitan) katakan tadi, kita jangan mau diatur-atur orang dan kita harus terus menjaga persatuan," kata Ketua Dewan Pembina Golkar, Ical saat memberi sambutan.

"Kita jangan mau menari diiringi gendang orang lain, tapi kita tabuh gendang sendiri dan kita menari sendiri," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Waspada

Di kesempatan yang sama, Luhut pun juga menyampaikan hal yang sama. Di mana, agar para kader Golkar terus menjaga kekompakan.

"Ada yang enggak suka kita, harus kompak lawan dan itu jangan ada yang bermain-main. Pak Airlangga sudah membawa Golkar pada posisi yang sekarang. Kita jangan mau diatur orang lain, Golkar ikut mengatur," jelas dia.

Luhut juga mengatakan, para kader Golkar untuk berhati-hati dengan pihak yang mau memecah-belah.

"Kalau ada orang yang mau gosok-gosok, jangan ada yang mau. Nobody can take Golkar," jelas dia.

Luhut pun merasa bangga dan berterima kasih kepada semua jajaran pengurus Golkar dari tingkat bawah sampai atas kerjanya di Pemilu 2024.

Dia pun mengingatkan, Golkar bukan hanya partai yang sekedar matang secara ideologis, tetapi juga realistis membaca ke arah mana suara rakyat Indonesia berlabuh.

"Dan pastinya tidak akan dan tidak boleh ada yang menggoyang partai ini," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Jaga Kekompakan Kader Golkar

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto juga mengingatkan, pentingnya untuk menjaga kekompakan bersama untuk mencapai tujuan bersama.

"Kita melakukan sukuran kemenangan kita di Bali karena perjuangan dulu berawal dari sini. di sinilah para senior berterima kasih kepada pejuang-pejuang Partai Golkar yang saat ini menang di 15 dari 38 provinsi yang ada," tutur dia.

"Golkar jangan mau dipecah-belah, jangan mau dimanfaatkan. Dari sekarang sampai Munas nantu pasti ada yang mau memecah-belah. Namun jika kita bersatu tak ada yang bisa memecahkan partai kita" kata Airlangga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.