Sukses

Guyonan Mahfud Md Usai Nyoblos Pemilu 2024: Ramai Wartawan, Semoga Gambarkan Banyaknya Suara Saya

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03 Mahfud Md berguyon usai melakukan pemungutan suara di TPS 106 Jalan Jati Nomor 61 Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03 Mahfud Md melemparkan guyonan usai melakukan pemungutan suara di TPS 106 Jalan Jati Nomor 61 Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mahfud Md mengulas perbedaan nyoblos saat ini dengan yang pernah dilakukannya beberapa kali.

"Ini paling ramai wartawan ya. Dulu juga ramai, tapi paling wartawannya 5-10 gitu ya, ini datang semua. Mudah-mudahan keramaian ini juga menggambarkan banyaknya suara nanti untuk saya," tutur Mahfud sambil tertawa di TPS 106 Sambilegi, DIY, Rabu (14/2/2024).

Mahfud yakin, proses pemungutan suara di TPS 106 Sambilegi akan berjalan aman dan kondusif. Hal itu lantaran dalam praktiknya, dia merasakan sendiri sikap profesional dan transparansi petugas.

"Ini acaranya sudah sangat fair, kita mendaftar kemudian diberikan surat suara, ditunjukkan secara terbuka bahwa surat suara bersih, lalu mencoblosnya tadi juga secara rahasia, tidak ada satu pun orang tahu, kemudian dimasukkan ke kotak suara. Artinya mudah-mudahan di seluruh Indonesia berjalan tertib dan baik seperti di TPS 106 Sambilegi ini," kata dia.

Jika semua TPS di seluruh Indonesia melakukan hal yang sama, Mahfud mengaku yakin Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 tidak akan menimbulkan sengketa.

"Akan baik baik saja nanti hasilnya. Tentu nanti pada saat penghitungan juga para saksi hadir semuanya untuk menyaksikan. Itu saja dari saya, mudah-mudahan Indonesia mendapat pemimpin dan wakil rakyat yang baik hari ini. Sekurang-kurangnya seleksinya lebih terfokus gitu ya, cukup," Mahfud menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mahfud Md Sudah Nyoblos, Jadi Pembuka Pemungutan Suara di TPS 106 Sleman

Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md menjadi pembuka proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 106 Jalan Jati No 61 Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pantauan Liputan6.com, Rabu (14/2/2024), Mahfud tiba bersama istri dan anaknya di TPS 106 sekitar pukul 08.00 WIB.

Masyarakat setempat yang juga mencoblos di TPS tersebut pun tampak antusias menyambutnya.

Mahfud mengawali dengan daftar hadir disertai verifikasi pemungut suara. Selanjutnya, dia memperlihatkan seluruh kertas suara baik itu untuk Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kabupaten Kota.

Kertas suara pun dipastikan aman dari kerusakan dan siap untuk digunakan sebagai media perekam pilihan. Tidak ketinggalan, usai mencoblos dia memperlihatkan jari kelingking kanannya yang telah dibubuhi tinta bukti telah menyalurkan pilihannya.

Suasana TPS 106 sendiri tampak aman dan kondusif dengan seluruh masyarakat yang ramah. Mahfud pun kemudian kembali menyapa warga dan kembali ke kediamannya.

 

3 dari 4 halaman

Aktivitas Sehari Sebelum Pemilu 2024

Calon wakil presiden nomor urut tiga Mahfud Md mengulas aktivitasnya selama hari pencoblosan Pemilu 2024. Rencananya, dia akan nonton bareng hitung cepat atau quick count bersama Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri di kediaman Kebagusan, Jakarta Selatan.

"Mulainya kalau nggak salah jam 08.00 (TPS buka), jadi saya berangkat jam 07.30 dari sini, kira-kira 07.30 atau atau jam 07.45 gitu berangkat, kemudian nanti jam 11.00 atau jam 12.00 saya ke Jakarta untuk apa, melihat quick count dan laporan-laporan pelaksanaan pemilu dari berbagai daerah," tutur Mahfud di kediamannya, Jalan Jati/Waru Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY, Selasa (13/2/2024).

"Insyaallah secara garis besar kita nanti secara umum sudah akan melihat hasil pemilu sekitar jam 15.00 ya, saya kira informasi barang kali dari TV mulai jam 15.00, tapi biasanya sebelum itu sudah beredar lewat berbagai media tentang perkiraan hasil akhir, dan resminya nanti hasil akhir itu menurut saya yang sudah bisa didengar itu ya sekitar jam 17.00 saya kira, kita sudah melihat peta parpol yang dapat kursi berapa, capres-cawapres perolehannya seperti apa, saya kira hari ini," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Momen Rakyat Indonesia

Menurut Mahfud, ini menjadi momen rakyat Indonesia memberikan pengadilan ketata pemerintahan dalam bentuk pemberian suara dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Apapun hasilnya, dia menekankan bahwa pemilu bukanlah ajang mencari musuh melainkan pemimpin.

"Saya nanti akan nyoblos bermasa Ibu Mahfud dan anak. Saya kan di sini tinggal bertiga ya, anak saya yg tertua ada di Amsterdam, yang nomor dua di Probolinggo, sudah memilih di tempatnya sendiri-sendiri, trus saya dan istri KTP-nya masih di sini sejak tahun 85 sampai sekarang, sesudah mungkin lebih dari 10 kali pemilu melalui tempat ini, sejak tahun 87 saya pemilu itu berarti sampai sekarang," jelas dia.

Sementara itu, dia mengaku akan menyaksikan quick count bersama Megawati di kediaman Kebagusan sekitar pukul 15.00 WIB. Adapun ketua umum partai pendukung lainnya diketahui mengadakan acara serupa masing-masing.

"Saya lihat ketum parpol bikin acara sendiri-sendiri di markasnya. Pak HT bikin di MNC Tower, kemudian Pak Oesman Sapta Odang bikin sendiri, nah yang saya itu ada sendiri juga di Jalan Teuku Umar. Tapi nanti saya ikut bersama Bu Mega di Kebagusan," Mahfud menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.