Sukses

Emil Dardak: Gen Z Harus Perkuat Skill Jawab Tantangan Zaman

Emil menegaskan Gen Z perlu terus meningkatkan dan memperkuat skill untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks. Ini didorong penuh oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak didaulat menjadi pemicara dalam ‘Diskusi Bermakna’ dengan tema ‘Inspirasi Muda, Aksi Nyata: Peran Anak Muda Untuk Menguatkan Ekonomi Kreatif, Merawat Lingkungan, dan Menumbuhkan Diversity’ di Warung WOW, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Februari 2024. 

Kegiatan diskusi dimoderatori oleh Kharisma Bintang Alghazy, Koordinator Harian Partisipasi Bermakna. Diskusi tersebut dihadiri 200 anak-anak muda dan mahasiswa.

Dalam forum tersebut, Emil ini menegaskan kepada generasi Zilenial atau ‘Gen Z’ agar terus meningkatkan dan memperkuat skill untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks. Ini didorong penuh oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Dengan semakin cepat dan pesatnya perkembangan zaman saat ini, jika tidak diimbangi dengan kemampuan atau skill yang mumpuni, maka kita akan tertinggal jauh,” kata figur yang juga Mantan Bupati Trenggalek itu. 

Emil menambahkan selain skill, para generasi muda perlu meningkatkan kreativitas agar dapat terus berkreasi demi kemajuan bangsa. Maka itu, ia berharap forum-forum diskusi yang inovatif bisa terus didorong dan juga diwarnai oleh milenial, khususnya dalam mengembangkan potensi UMKM yang masih besar di Indonesia.

"Pemerintah mendorong 460 triliun untuk kredit usaha rakyat (KUR) supaya finance itu lebih banyak di akses oleh UMKM,” urainya.

Di sisi lain, kehadiran dan pemaparan Emil sangat diapresiasi oleh Partisipasi Bermakna. Koordinator Nasional Partisipasi Bermakna, Muhammad Adnan, menilai bahwa semangat yang dimiliki Emil dalam kiprahnya menjadi Wakil Gubernur telah membuka mata soal bagaimana generasi muda mampu menavigasi tantangan zaman.

"Mas Emil merupakan sosok yang selaras dengan jiwa Partisipasi Bermakna. Kami ingin bagaimana anak-anak muda mampu menjadi bagian dari pembuatan kebijakan publik yang nantinya dapat dirasakan luas tak hanya bagi yang muda namun seluruh kalangan,” tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksplorasi Kontribusi Pemikiran Gen Z

Ketua Pelaksana Dialog Bermakna, Intan Yasarah, menyampaikan bahwa Dialog Bermakna didedikasikan untuk mengeksplorasi kontribusi pemikiran Gen Z dan milenial terhadap ekonomi kreatif, pelestarian lingkungan, dan promosi keberagaman dalam masyarakat.

"Dialog seperti ini dapat memantik semangat dan ide dalam mengembangkan inovasi serta pelopor transformasi Indonesia ke arah yang lebih baik," tuturnya.

Lebih lanjut, Partisipasi Bermakna juga mengaku tidak akan berhenti dalam langkah nyatanya. Koordinator Bidang Ekonomi, Tommy Patrio Sorongan, menyebut akan ada kegiatan-kegiatan diskusi dan aksi bermakna selanjutnya. 

"Kami juga mengundang dengan hormat para pemuda-pemudi Indonesia untuk dapat ikut andil dalam memaknai peran generasi muda bagi kemajuan bangsa,” papar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.