Sukses

Anies Bakal Fokus Bahas Substansi Tema di Debat Capres Terakhir, 4 Februari 2024

Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan menyatakan, tengah bersiap-siap untuk menghadapi debat capres pamungkas pada Minggu, 4 Februari 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan menyatakan, tengah bersiap-siap untuk menghadapi debat capres pamungkas pada Minggu, 4 Februari 2024 mendatang.

Adapun debat capres terakhir ini bakal membahas soal kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. Dia menyebut, bakal fokus sampaikan visi dan misi.

"Saya rasa ini adalah sebuah kesempatan bagi kami-kami untuk menyampaikan misi kami terkait dengan tema itu. InsyaAllah kita siap-siap" kata Anies di Stadion Purnawarman, Purwakarta, Minggu, 28 Januari 2024.

Lebih lanjut, Anies menyatakan tak akan mengenakan outfit atau pakaian khusus. Sama seperti debat capres sebelumnya, di debat pamungkas dia juga akan lebih banyak bicara ihwal substansi tema yang diangkat.

"Kami itu mendorong substansi karena kami yakin kalau substansinya baik itu pendukung aja (kostum/outfit). Tapi kita lihat, kalau memang dianggap perlu kita lakukan. Kalau enggak ya kita pakai seperti yang biasanya," ujar Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjar Bakal Cerita Pengalaman 10 Tahun Jadi Gubernur Jateng

Sementara itu, Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo juga mengaku siap menghadapi debat terakhir yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada 4 Febuari 2024 mendatang.

"Insyallah sudah siap," kata Ganjar, saat diwawancarai di Alun-alun Wates, Kulonprogo, Yogyakarta, Minggu (28/1/2024).

Dia mengatakan, dirinya akan bercerita tentang pengalamannya menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah selama dua periode atau 10 tahun.

"Besokkan cerita kesra, cerita pendidikan kalau tidak salah mungkin kita akan atau saya kami akan bercerita tentang pengalaman 10 tahun jadi gubernur," ucap Ganjar.

"Sehingga ada bukti, basis bukti yang bisa diberikan kepada masyarakat sehingga konseptualisasinya ada prakteknya ada sehingga itu memberikan bukti untuk meyakinkan publik. Kita tidak hanya sekedar bicara kita bisa menyampaikan itu dan semuanya musti jelas sehingga rakyat bisa melihat," imbuh Ganjar.

3 dari 3 halaman

TKN: Pak Prabowo Tidak Pernah Menyerang Saat Debat Capres, Ada Masukan tapi Ditolak

Adapun, Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko menegaskan, calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto tidak akan menyerang atau offensive terhadap Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo pada debat capres terakhir.

Debat kelima Pilpres 2024 akan berlangsung pada 4 Februari 2024, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Pak Prabowo tidak pernah (offensive), kita ini pakar kadang suka kasih masukan ‘pak kali-kali serang’ Pak Prabowo menolak jelas," kata Budiman di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (26/1).

Ia menjelaskan, hal itu tidak akan dilakukan oleh Ketua Umum Partai Gerindra karena panggung debat merupakan panggung yang mulia.

Apalagi, panggung debat capres merupakan ujian intelektual bagi calon pemimpin dan bukan untuk para buzzer.

"Ini adalah panggung debat yang mulia, yang akan melahirkan orang yang nanti akan diskusi dengan Joe Biden, Xi Jinping. Sehingga, forum debat adalah ujian intelektual bagi calon pemimpin Indonesia bukan ujian buzzer dan tukang nyinyir," tegasnya.

"Masa panggung tukang nyinyir panggungnya puluhan triliun. Pak Prabowo tetap akan visi dan misi komitmen pada NKRI sudah ditunjukkan juga," pungkas Budiman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.