Sukses

Gibran Singgung Nama Tom Lembong di Debat Cawapres, Anies: Mungkin Kangen

Anies Baswedan menanggapi soal disebutnya nama Co-Kapten Timnas Anies-Muhaimin (AMIN) Thomas Tri Kasih Lembong atau Tom Lembong oleh Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres, Minggu 21 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan menanggapi soal disebutnya nama Co-Kapten Timnas Anies-Muhaimin (AMIN) Thomas Tri Kasih Lembong atau Tom Lembong oleh Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres, Minggu 21 Januari 2024.

Menurut Anies, Gibran mungkin rindu dengan sosok Tom Lembong. Pasalnya, kata Anies, Tom pernah menulis pidato untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Ya mungkin ada yang kangen sama Tom. Tom itu dulu penulis pidato (Presiden Jokowi). Tanyain saja berapa kali nulis pidato," kata Anies usai kampanye akbar di Stadion Mini Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/1/2024).

Pada debat keempat Pilpres 2024 Minggu malam 21 Januari 2024, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka menyinggung nama Tom Lembong. Ia menyebutkan nama Tom Lembong usai menanggapi cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Alhasil, nama Tom Lembong pun ramai dibahas warganet khususnya oleh warganet di media sosial X (sebelumnya Twitter). Tom Lembong sendiri dikenal sebagai mantan menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Thomas Lembong

Tom Lembong juga dikenal sebagai sosok yang membantu Presiden Jokowi dalam kabinet. Dia pernah terjun pada dunia politik sejak 2013 sebagai penasihat ekonomi serta penulis pidato untuk Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Namun kemudian perannya diteruskan pada masa jabatan pertama Jokowi sebagai Presiden. Sementara itu, Tom dipilih sebagai Menteri Perdagangan untuk periode 2015 hingga 2016.

Ia mengisi jabatan tersebut untuk menggantikan Rahmat Gobel dalam reshuffle kabinet bulan Agustus 2015 lalu. Setelahnya, Tom kembali dipercaya masuk kabinet dengan menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016-2019 yang saat ini berganti menjadi Kementerian Investasi.

Melansir dari beberapa sumber, Tom Lembong disebut sebagai sosok dibalik layar untuk beberapa pidato Jokowi yang ikonik. Salah satunya pidato “Game of Thrones” yang dibacakan oleh Presiden Jokowi dalam pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali 2018.

Kemudian Tom Lembong juga penyusun pidato “Thanos” yang dibacakan oleh Presiden Jokowi dalam Forum Ekonomi Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini