Sukses

Prabowo dan Anies Tidak Salaman Usai Debat Capres, Ini Alasan Mereka

Momen Prabowo Subianto tidak bersalaman dengan Anies Baswedan usai debat capres yang berlangsung panas menjadi sorotan. Saat konferensi pers, keduanya pun menyampaikan alasannya tidak bersalaman usai debat.

Liputan6.com, Jakarta - Debat calon presiden (Capres) 2024 pada Minggu malam (7/1/2024) berlangsung sengit dan panas. Bahkan suasana yang panas tampaknya tetap berlangsung hingga debat capres usai. 

Setelah masing-masing kandidat menyampaikan pernyataan penutup, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tampak hanya bersalaman dengan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Momen tersebut terekam kamera dan tersiar luas di layar kaca.

Mengkonfirmasi hal itu, Prabowo Subianto mengakui bahwa dirinya memang tidak bersalaman dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan. Dia berdalih lebih senior dari Anies, sehingga seharusnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu yang mendatanginya untuk bersalaman.

“Dia tidak datang ke saya, saya lebih tua dari dia, saya lebih senior dari dia ya,” kata Prabowo saat dikonfirmasi awak media usai debat di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Sementara Anies Baswedan mengaku sudah mencari Prabowo untuk bersalaman usai debat, namun tidak ketemu.

“Saya sudah mencarinya, tapi tidak bertemu,” jawab Anies singkat.

Dalam momen penutupan debat capres, tampak Prabowo Subianto hanya bersalaman dengan Ganjar Pranowo. Ganjar yang awalnya mendatangi Prabowo untuk berjabat tangan. Sementara, Anies terlihat sedang bersama Mahfud Md.

Setelah Ganjar dan Prabowo bersalaman, Ketum Gerindra itu terlihat perlahan meninggalkan panggung debat. Sedangkan, Anies berjabat tangan dengan Gibran Rakabuming Raka, dilanjutkan dengan Ganjar.

Terlihat, Prabowo kemudian dikelilingi oleh pendukungnya. Sementara Anies melanjutkan bersalaman dengan tokoh-tokoh lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Debat Panas Prabowo dan Anies

Sebagai informasi, sepanjang debat berlangsung situasi memanas antara Anies dan Prabowo.

Anies kerap menyinggung Prabowo soal pembelian alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan dan etika seorang pemimpin yang dinilai menyudutkan pasangan dari Prabowo yakni Gibran Rakabuming Raka yang dimana lolos sebagai calon wakil presiden melalui putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dinilai Majelis Kehormatan MK melanggar etik.

Menjawab hal itu, Prabowo mengatakan Anies tidak berhak berbicara soal etik. Hal itu disampaikan Prabowo ketika berdebat dengan Anies. 

Saya itu keberatan karena saya menilai maaf ya, karena anda desak saya, saya terus terang saja, saya menilai anda tidak pantas bicara soal etik, itu saja,” kata Prabowo saat berdebat.

Prabowo menjawab, apa yang ditudingkan Anies soal etik terkait apa yang ada di Kementerian Pertahanan tidak seperti yang disangka oleh Anies. Termasuk, proyek food estate dan PT Teknologi Militer.

“Saya merasa bahwa anda itu menyesatkan, itu saja. Saya boleh berpendapatkan? Saya menilai anda tidak berhak bicara soal etik karena anda memberi contoh yang tidak baik soal etik,” Prabowo memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini