Sukses

Anies Baswedan Kunjungi Sumbar untuk Kali ke-4, Apa Alasannya?

Anies Baswedan mengaku tak sadar apabila telah empat kali datang ke Sumbar. Dia menyebut, akan datang lebih sering lagi ke Sumbar.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan melanjutkan kampanye Pilpres 2024 pada Rabu (3/1/2024) dengan kembali menyapa masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Tercatat, ini menjadi kali keempat Anies berkunjung ke Ranah Minang sejak diusung sebagai capres.

Anies menyatakan, selalu senang dapat kembali ke Ranah Minang. Pasalnya, Anies sejak kecil akrab dengan biografi tokoh-tokoh kelahiran Sumatera Barat, semisal Bung Hatta hingga Buya Hamka.

"Saya senang sekali setiap kali pulang ke Ranah Minang. Masa kecil saya, saya  menikmati membaca biografi. Dan Biografi tokoh-tokoh yang saya baca banyak sekali adalah tokoh-tokoh kelahiran dari Ranah Minang ini," kata Anies dalam acara 'Desak Anies' di Lapangan Cindua Mato, Tanah Datar, Sumbar, Rabu (3/1/2024).

"Mereka pejuang-pejuang luar biasa, bisa disebut namanya kita semua tahu lah dari Bung Hatta, Bung Syahrir, Tan Malaka, Natsir, Hamka, kemudian Hj. Rangkayo Rasuna Said, Muhammad Yamin," lanjut Anies.

Anies menilai, tokoh-tokoh asal Sumbar tersebut luar biasa. Bahkan, kata Anies, banyak tokoh asal Sumbar yang mampu berperan aktif untuk kemerdekaan Indonesia di masa lampau.

"Jadi setiap kali mendengar atau kembali ke Ranah Minang ini selalu mengingat masa-masa itu. Ini adalah sebuah tempat yang berhasil kira-kira gini panggilan ibu apa di sini? Amak, Bundo Kanduang. Gini ada banyak pejuang-pejuang tumbuh di sini. Bundo Kanduang melahirkan pejuang-pejuang untuk Indonesia bisa seperti sekarang," terang Anies.

Selain itu, Anies menyebut selalu ada hal baru yang dia dapatkan setiap kali bertandang ke Sumbar. "Itulah sebabnya saya merasa senang sekali dan tiap kali kembali rasanya memang beda seperti juga sekarang ini," ujar Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Akan Sering ke Sumbar

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini pun mengaku tak sadar apabila telah empat kali datang ke Sumbar. Dia menyebut, akan datang lebih sering lagi ke Sumbar.

"Jadi Alhamdulillah ini saya baru sadar 4 kali ya ke sini pokoknya tidak terasa seperti banyak (ke sini) rasanya masih perlu sering lagi bolak balik ke sini.

Diketahui, Anies pertama kali ke Sumbar pada Desember 2022 lalu. Tepatnya, tak lama usai Partai NasDem menyatakan mengusung Anies untuk Pilpres 2024. 

Lalu, Anies kembali menginjakkan kaki ke Ranah Minang pada Agustus 2023. Dia kembali lagi ke Sumbar untuk yang ketiga kalinya pada November 2023 lalu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.