Sukses

Disebut Paling Berpeluang ke Putaran Kedua Pilpres, Ganjar: Kita Terus Bergerak

Ganjar menambahkan, dirinya tidak terlalu ambil pusing dengan survei yang merebak tiga hari terakhir. Karenanya, dia memilih untuk terus memantau hasil survei internalnya sebagai acuan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah lembaga mencatatkan elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud di urutan kedua elektabilitas Pemilu Presiden 2024. Berdasarkan temuan tersebut, Ganjar-Mahfud dinilai memiliki peluang lebih besar untuk lolos ke putaran kedua.

Menanggapi hal itu, Ganjar Pranowo tidak mau berspekulasi. Menurut dia hal terpenting dilakukan adalah terus bergerak ke bawah berkampanye, bertemu dan menyerap masyarakat.

“Kita lagi bergerak saja, mengapa saya turun terus menerus karena kalau saya melihat sambutan masyarakat ramai begini saya bisa rasakan akan kemana real suara yang terjadi,” kata Ganjar di Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023).

Ganjar menambahkan, dirinya tidak terlalu ambil pusing dengan survei yang merebak tiga hari terakhir. Karenanya, dia memilih untuk terus memantau hasil survei internalnya sebagai acuan.

“karena beberapa survei yang muncul hari ini kita perbandingkan, waktunya sama kok hasilnya beda? maka kita punya survei sendiri,” jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Survei Elektabilitas

Sebagai informasi, dalam tiga hari terakhir sebanyak tiga lembaga survei merilis elektabilitas dari masing-masing calon presiden dan wakil presiden 2024.

Hasilnya, survei dari Indikator Politik dan Alvara Research mencatkan Ganjar-Mahfud di urutan kedua atau di atas Anies-Muhaimin tetapi di bawah Prabowo-Gibran.

Namun hal berbeda terjadi saat Centre for strategic and international Studies (CSIS) merilis temun surveinya. Kali ini, Ganjar-Mahfud mendapat posisi buncit. Sedangkan paling atas dan kedua diisi oleh Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin.

3 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Akan Jadikan Hasil Survei Sebagai Bahan Evaluasi

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengakui hasil survei yang dirilis ke publik selalu menjadi bahan evaluasinya.

Hal itu disampaikan Ganjar saat disinggung soal hasil survei Indikator politik yang menempatkannya di urutan kedua dan CSIS yang menempatkannya di posisi ketiga.

“Setiap hari ada evaluasi,” kata Ganjar usai menghadiri acara GMNI di kawasan GBK Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Ganjar melanjutkan, dirinya tidak ambil pusing dengan hasil-hasil dari survei publik yang bertebaran. Sebab bersama Tim Pemenangan Nasional (TPN), Ganjar juga memiliki hasil surveinya sendiri.

“Kita juga punya survei sendiri,” singkat dia.

4 dari 4 halaman

Fokus Berkampanye

Ganjar menegaskan, dirinya akan lebih fokus untuk berkampanye, bertemu dan menyerap aspirasi rakyat ketimbang harus sibuk dengan angka-angka survei.

Walau begitu, dirinya menghormati semua lembaga yang menyuguhkan hal terkait kepada publik.

“Tentu saja kita hormati hasil survei itu, saya yang penting seluruh kader partai, seluruh relawan bertemu dengan masyarakat. Karena itu yang anda rasakan relasi langsung dengan masyarakat. Itu situasi saat ini,” tutur Politikus PDIP ini.

“Makin banyak bergerak, makin banyak bertemu, karena yang pasti akan ada yang memilih,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.