Sukses

Mahfud Md Dinilai Tampil Keren dan To The Point Saat Debat Cawapres

Berdasarkan riset perbincangan di media sosial selama debat berlangsung, Mahfud dinilai sebagai cawapres dengan tingkat perbincangan positif tertinggi sekitar 65 persen, dibandingkan Gibran 48 persen dan Muhaimin 33 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno menilai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga Mahfud Md tampil memukai dalam debat cawapres Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat, 22 Desember 2023 lalu.

"Mahfud tampil keren dan meyakinkan serta menyampaikan fakta yang terjadi di lapangan yang riil," ujar Adi dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).

Adi menyebut Mahfud konsisten bahwa penegakan hukum dan pemberantasan korupsi adalah kunci dalam urusan investasi, ekonomi, pembangunan, dan lainnya. Menurut Adi, argumentasi Mahfud Md sangat meyakinkan meski bukan berlatar belakang ekonomi.

"Seperti biasa, Mahfud tampil apa adanya, tak ada gimick, to the point ke pokok persoalan," kata Adi.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UNI) Syarif Hidayatullah itu menyatakan gagasan yang disampaikan Mahfud dalam debat kemarin dibutuhkan. Mahfud menawarkan gagasan kongkret soal peningkatan ekonomi dengan penegakan hukum yang adil tak pandang bulu.

"Ekonomi, investasi, dan pembangunan tanpa penegakan hukum bisa repot. Mahfud konsisten dengan gagasan orisinalitas, gagasannya hukum jadi panglima," ucap Adi.

Sementara Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang menyebut, dari hasil riset perbincangan di media sosial selama debat yang berlangsung dalam rentang waktu 18.00-23.00 WIB, Mahfud merupakan cawapres dengan tingkat perbincangan positif tertinggi sekitar 65 persen, dibandingkan Gibran Rakabuming 48 persen dan Muhaimin Iskandar 33 persen.

Rustika menyebut tingginya sentimen positif Mahfud diikuti dengan emotion trust yang besar mencapai 65 persen. Tertinggi di antara cawapres lainnya. Selanjutnya diikuti emotion anticipation sebanyak 13 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jawaban Mahfud Rasional dan Argumentatif

Penampilan Mahfud Md dinilai hasil dari pengalaman ketenangan dalam setiap jawaban. Mahfud dinilai mampu menjawab pertanyaan sulit yang dilontarkan oleh Gibran.

"Pengalaman, keyakinan, track record, jam terbang menjadi salah satu landasan keyakinan publik. Ini yang ditunjukan pada Mahfud. Hal inilah yang membuat netizen mengapresiasi Mahfud dengan ketenangan, jawaban debat yang menggunakan pendekatan rasional dan argumentatif," kata Rustika.

Mahfud akan kembali menghadapi debat cawapres melawan Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka pada debat yang direncanakan digelar pada 21 Januari 2024 mendatang.

Adapun tema debat keempat Pilpres 2024 itu yakni pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

3 dari 4 halaman

Mahfud Dinilai Paling Pandai Kendalikan Emosi

Setelah melakukan analisis debat kedua Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, Pakar Mikro Ekspresi Kirdi Putra mengatakan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mohammad Mahfud MD pandai dalam mengendalikan ekspresi emosi di antara cawapres lainnya.

“Menurut saya Pak Mahfud ini penguasaan ekspresi emosinya bagus, ini perlu pujian, bila saat debat capres sebelumnya saya pernah mengatakan bahwa yang paling bisa mengendalikan ekspresi emosi, bukan mengendalikan emosi, ya, itu adalah Pak Anies, tapi yang kedua yang paling bagus itu Pak Mahfud,” ujar Kirdi saat dihubungi ANTARA, Jumat (22/12) malam.

Kirdi mengatakan bahwa secara keseluruhan, Mahfud Md juga mampu mengelola emosi dengan baik, meski beberapa kali sempat terlihat adanya kebocoran emosi yang ditampakkan.

 

 

4 dari 4 halaman

Mahfud Gugup di Awal Debat

Kondisi gugup pada menit-menit awal debat, menyebabkan Mahfud Md beberapa kali tidak berdiri tegap dan menggoyang-goyangkan tubuhnya, sebagaimana dikatakan Kirdi.

“Pengelolaan emosi menurut saya Pak Mahfud bagus, walaupun kalau kita perhatikan di segmen pertama ia banyak menggoyangkan tubuh ke kanan dan ke kiri saat berbicara, itu grogi, selebihnya ia hanya sempat merasa tidak nyaman ketika berhadapan dengan Cak Imin, terlihat saat ia garuk hidung sedikit,” Kirdi menjelaskan.

Pada sebagian besar waktu debat, Kirdi menilai, Mahfud juga pandai dalam mengatur strategi pembicaraan dengan menarik topik pembicaraan yang benar-benar ia kuasai, salah satunya perihal hukum dan tata negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.