Sukses

Tinjau Gereja Jelang Hari Raya Natal, Ganjar Pranowo Minta Toleransi Beragama Diajarkan Sejak Dini

Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Gereja Purbowardayan, Jalan A Yani Nomor 10, Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Gereja Purbowardayan, Jalan A Yani Nomor 10, Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah.

Tak lupa, dia pun mengucapkan selamat Hari Raya Natal dan mengingatkan pentingnya mengajarkan toleransi beragama sejak dini.

"Yang pertama saya ingin menyampaikan Selamat Natal untuk saudara-saudara Kristiani yang merayakannya, dan tentu untuk seluruh warga bangsa selamat Tahun Baru. Kita akan menjemput tahun 2024," ujar Ganjar di Gereja Purbowardayan, Minggu (24/12/2023).

Dia pun mengajak semua pihak untuk menghormati siapa pun yang merayakan hari besar keagamaan dengan menerapkan nilai Bhineka Tunggal Ika dan nilai persatuan sebagai sesama anak bangsa.

"Saya kira itulah yang harus selalu kita rawat, agar kemudian warga bangsa hidup di Indonesia itu senang, mereka bisa mengekspresikan dirinya dengan baik, tidak saling curiga mencurigai, saling mendukung dalam batas-batas, kalau agama itu keimanan masing-masing. Itu tentu akan sangat menyenangkan untuk semuanya," ucap Ganjar.

Dia mengaku senang dengan adanya Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB. Bahkan saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, kelompok tersebut pun menelurkan FKUB muda.

"Jadi ini regenerasi dan sejak dini anak-anak sudah diajarkan apa itu perbedaan, bagaimana cara mempersatukan dan bagaimana cara menghormati," Ganjar menandaskan.

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo meyakini masyarakat Solo akan menjatuhkan suara besar padanya untuk memenangkan Pilpres 2024, meski wali kotanya merupakan kompetitor yakni cawapres Gibran Rakabuming Raka.

"Oh iya kalau di sini yang banteng kuat sekali. Bahkan tadi malam bersama rakyat kita bertemu, kita ngobrol bersama, dan mereka mendorong kekuatan yang ada di masyarakat," ujar Ganjar usai blusukan di Pasar Kliwon Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yakin Solo Lumbung Suaranya, Ganjar: Di Sini Banteng Kuat Sekali

Menurut Ganjar, masyarakat Solo sangat memahami ajang Pilpres 2024. Dia pun melihat kerukunan warga yang kuat, sehingga tidak akan luntur meski berbeda pilihan.

"Ya kawan-kawan sangat paham juga bahwa terjadi kompetisi di Solo Raya. Maka saya bilang oke kita kompetisi baik-baik saja, tidak harus saling menyakiti, dan kawan-kawan pasti selalu berjuang. Mereka kalau dilihat banteng tangguh-tangguh di Solo Raya. Sangat, Solo Raya luar biasa," kata Ganjar.

Ganjar Pranowo melanjutkan jadwal kampanyenya di Jawa Tengah. Dia akan ikut serta melakukan pemantauan persiapan perayaan Natal di gereja hingga menghadiri dialog bersama masyarakat.

Berdasarkan agenda yang diterima Liputan6.com, Minggu (24/12/2023), Ganjar Pranowo mengawali hari dengan berolahraga di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo dan dilanjutkan sarapan di warung sekitar.

 

3 dari 3 halaman

Ganjar Akan Diskusi dengan Milenial dan Gen Z

Selanjutnya, dia akan meresmikan Posko Ganjar-Mahfud di Pasar Notoharjo atau Pasar Kliwon dan menghadiri peresmian Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud Banyuanyar, Banjarsari.

Kemudian, Ganjar dijadwalkan menghadiri deklarasi Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) untuk Ganjar-Mahfud di De Tjolomadoe. Kegiatan disusul dengan memantau persiapan Natal di Gereja Purbowardayan, Jalan A Yani No.10, Tegalharjo, Kecamatan Jebres.

Tengah hari, dia direncanakan makan siang di Burjo Sadulur Kuningan (SK) 2, Jalan KH Masykur, Jebres dan menghadiri apel siaga Satgas PDIP DPC Kota Surakarta di Taman Sunan Jogo Kali.

Ganjar juga akan hadir dalam pertemuan dengan TPD dan Caleg partai koalisi se-Karanganyar, Jalan KH Samanhudi, Badran Asri, Cangakan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.

Selain itu, Ganjar juga akan menghadiri diskusi dengan milenial, Gen Z, dan perempuan se-Karanganyar di Rumah Koordinator Relawan Milenial. Kemudian, akan ada pertemuan dengan TPC, Caleg Partai Koalisi, serta relawan se-Sragen di Ndayu Park, Sragen.

Masuk malam hari, dia menghadiri bincang ringan dengan milenial, Gen Z dan Perempuan se-Sragen di Basecamp WIYAS. Agenda ditutup dengan ngopi dan ngobrol bareng dengan pengrajin batik se-Sragen di Batik Windasari Kliwonan, Desa Kliwonan, Sragen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.