Sukses

Sisir Kampanye di Jateng, Ganjar Kunjungi Pesantren, Petani, dan Kandang Banteng

Kegiatan kampanye Ganjar Pranowo di wilayah Jateng dimulai dengan menyambangi sejumlah tempat di Magelang.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo akhirnya kembali ke Jawa Tengah (Jateng) untuk mengawali kampanyenya. Usai menghadiri Dies Natalis Universitas Gadjah Mada (UGM) ke-74 di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ganjar langsung ‘sat-set’ menyambangi Pondok Pesantren Darussalam Watucongol, Muntilan, Magelang, Jateng.

Ganjar mengatakan, tidak ada alasan khusus Magelang menjadi lokasi pertama tempatnya berkampanye di Jateng. Hanya saja, karena dekat dengan kegiatannya di UGM maka lokasi terdekatnya adalah pesantren di Magelang.

“Sebenarnya bisa dimulai dari manapun ya, tapi kebetulan tadi ada acara di Yogya, maka kita geser ke sini abis ini nanti ada di Wonosobo,” ungkap Ganjar di lokasi, Minggu (17/12/2023).

Ganjar menyatakan, kedatangannya ke Pondok Pesantren Darussalam adalah untuk bersilaturahmi. Dia mengaku rindu, sebab usai tidak lagi menjabat sebagai gubernur, Ganjar belum sempat kembali singgah di tempat tersebut.

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo melakukan kampanye di sejumlah wilayah Jawa Tengah. Salah satunya dengan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darussalam Watucongol, Muntilan, Magelang, Jateng. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

“Saya lama sudah tidak ke sini, Alhamdulillah hari ini bisa ketemu lagi, dan berjumpa dengan para kiyai, para santri, bu nyai, karena beberapa waktu lalu setidaknya 2 kali Pilgub, mereka semua orang-orang yang mendukung saya,” ucapnya.

Ganjar berjanji, kepada Pondok Pesantren Darussalam untuk terus memperjuangkan aspirasi dan kesejahteraan santri melalui beleid Pesantren.

“Aspirasinya adalah laksanakan segera UU Pesantren lebih baik lagi kesejahteraan santrinya, fasilitas belajarnya, kualitas pendidikannya,”  ungkap Ganjar Pranowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganjar Ziarahi Makam Mbah Ma'shum

Usai berpamitan dengan warga Pondok Pesantren Darussalam, safari Ganjar dilanjutkan dengan berziarah kubur. Ganjar memanjatkan doa ke makam K.H.R Ma’shum di Dusun Punduh, Sidoagung, Tempuran, Magelang.

Diketahui, K.H.R Ma’shum adalah merupakan ulama karismatik yang perjuangannya untuk kesejahteraan masyarakat setempat. Selain sebagai mursyid, sosok yang karib disapa Mbah Ma'shum adalah seorang ahli pertanian.

"Ya, alhamdulillah bisa sowan ke pesantren dan bisa berziarah ke makam KHR Ma'shum. Beliau ini pejuang untuk masyarakat di sini (untuk nasib pertanian)," ujar Ganjar.

Demografi masyarakat Tempuran yang menggeluti dunia tani tak disia-siakan Ganjar. Sosok pria berambut putih ini pun secara spontan menyambangi kelompok tani dan bertanya keluhan mereka dalam bercocok tanam. Dia mencatat, masalah irigasi, pupuk dan harga jual yang tidak stabil membuat petani tidak meraup untuk maksimal.

“Ya tadi kebetulan saya berhenti di jalan, karena indikasinya memang di sini terjadi kekurangan suplai air dan problemnya ada di satu sumber distribusi, maka tadi saya mintakan coba cari kan sumbernya, ternyata ada dua sungai dan tadi sudah saya minta nomor teleponnya, biar sat set,” ungkap Ganjar.

Ganjar melihat, problem irigasi menjadi sesuatu bersifat darurat bagi para petani. Karena itu, dirinya bakal menyiapkan tim teknis agar aliran air tidak macet.

“Kita carikan solusinya mudah-mudahan nanti kawan saya akan segera bisa komunikasi untuk bisa followup,” harap Ganjar.

3 dari 4 halaman

Serap Aspirasi, Ganjar Duduk Bersila Bareng Warga

Sebelum berpamitan dengan warga setempat, Ganjar menyempatkan diri untuk kembali menyerap aspirasi warga setempat. Kali ini, Ganjar diajak duduk bersila dan dihimpit melingkar oleh para warga.

Mereka diberi kesempatan untuk dekat dan membeberkan keluhannya satu per satu. Salah satunya, ada seorang perempuan muda yang mengaku masih termasuk kelompok milenial. 

Dia bertanya, apa langkah konkrit Ganjar soal kesehatan mental yang belakangan memiliki angka kejadian yang tinggi dan berdampak terhadap aksi bunuh diri. 

Ganjar meyakini, kejadian demikian dapat dicegah dengan peran aktif orangtua. Dia mendorong agar orangtua dapat selalu dekat dengan sang anak, karenanya ketika ada hal yang membuat anak tidak nyaman maka orangtua dapat membantu menenangkan dan bukan malah memberi tekanan.

“Ngobrol, ajak ibu-ibu yang lain agar ilmunya bisa ditularkan, nanti semuanya belajar bapak-bapak juga ya bapak-bapak juga sehingga anaknya yang tidak tahu persoalan tidak makin jauh, tiba-tiba kita kaget Nah itulah kemudian anak mencari jalannya sendiri di luar yang kita enggak pernah tahu tekanannya,” pesan Ganjar,

4 dari 4 halaman

Sambangi Pendukung, Ganjar Disambut Tiga Banteng Raksasa

Kedatangan Ganjar Pranowo di Magelang mendapat sambutan luar biasa, Minggu (17/12/2023). Salah satunya dari tiga replika banteng raksasa. Pendukung menyebut tiga banteng raksasa tersebut adalah simbol semangat yang siap mengawal kemenangan Capres 2024 nomor urut 3. 

Tak ingin api semangat pendukung padam. Ganjar naik ke atas panggung dan berorasi politik dan kembali menyalakan api semangat.

"Bantenge gede tenan (bantengnya besar). Banteng itu tidak gembeng (cengeng), banteng itu teguh, lurus. Kalau kita benar tidak ada yang mampu menghalangi," seru Ganjar. 

Ganjar mengajak seluruh pendukungnya untuk terus bergerak. Tak ada yang perlu ditakutkan selama yang dikerjakan adalah untuk kebenaran.

"Kita tidak perlu risau. Kalau satu baliho dicopot, kita pasang lagi seratus. Kalau seratus baliho dicopot, kita pasang seribu," katanya disambut riuh tepuk tangan. 

Politikus berambut putih itu menambahkan, ia bersama Mahfud Md siap bekerja dengan sat set dan tas tes. 

“Dari kemarin kita sudah berkeliling ke daerah-daerah. Banyak aspirasi dan kita siap selesaikan karena kita sat set, tas tes," yakin Ganjar. 

"Dan, inilah kekuatan rakyat. Merdeka," ucqp Ganjar lantang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini