Sukses

Kampanye di Banjarmasin, Anies Ingin Turunkan Biaya Haji dan Tambah Kuota Jemaah

Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan mengatakan, tengah membahas mengenai mahalnya biaya penyelenggaraan ibadah haji bagi umat muslim di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan mengatakan, tengah membahas mengenai mahalnya biaya penyelenggaraan ibadah haji bagi umat muslim di Indonesia. Dia bertekad mau menurunkan biaya haji menjadi lebih murah.

Hal ini disampaikan Anies dalam kegiatan tanya jawab 'Desak Anies' di Wetlands Square Jalan Ahmad Yani Kilometer 3,5 Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Selasa (5/12/2023).

"Mau naik haji, tapi biaya mahal cita-cita naikin haji orang tua, apa solusinya Bang? Biasanya anak muda nih punya cita-cita untuk naikin haji orang tuanya. Tapi ternyata udah mahal, lama," kata moderator acara yang membacakan pertanyaan peserta 'Desak Anies' di Banjarmasin.

Anies menyampaikan, dulu Banjarmasin, Kalimantan Selatan dikenal sebagai salah satu tempat yang paling banyak memberangkatkan orang haji. Sebab, kata Anies merupakan wilayah tambang dan pengolahan intan.

"Jadi banyak yang bisa berangkat haji mudah-mudahan itu bisa kita teruskan. Saat ini kami sedang melakukan pembicaraan soal itu. Satu adalah tentang bagaimana menurunkan biaya haji," kata Anies.

Anies tak menjelaskan secara detail dengan siapa pembicaraan itu dilakukan. Meski begitu, dia berharap upaya ini bisa terwujud, sehingga biaya naik haji tak semahal sekarang.

"Kita sedang melakukan pembicaraan dan kita berharap ini bisa selesai cepat supaya kita bisa menurunkan biaya haji sebagaimana negara-negara lain. Supaya biaya haji kita menjadi setara dengan negara-negara lain. Itu kita akan kerjakan," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Kuota Jemaah Haji

Selain menurunkan biaya haji, Anies juga berkeinginan untuk menambah kuota jemaah haji yang berangkat ke tanah suci. "Jadi biaya diturunkan yang kedua kuotanya di tambah," ujar Anies.

Anies berencana dapat menambah kuota jemaah haji hingga kisaran 20-30 ribu jemaah. Namun, dia mengaku senang dengan jumlah kuota haji yang sudah ada saat ini.

"Alhamdulillah terimakasih pemerintah sekarang sudah meningkatkan kalau tidak salah 10.000, 10.000 jamaah haji. Kita berusaha untuk meningkatkan lebih banyak lagi. Mudah-mudahan bisa sampai 20-30 ribu jamaah haji," ujar Anies.

Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1445 H/2024 M atau biaya haji sekitar Rp 105 juta.

Usulan ini diumumkan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, kepada DPR dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII di Jakarta, pada 13 November 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.