Sukses

Bawaslu Pastikan Tim Dokter RSPAD Gatot Soebroto Netral Periksa Kesehatan Capres-Cawapres

Bawaslu memastikan tim dokter di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto bakal netral melakukan tes kesehatan terhadap bakal capres-cawapres untuk Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memastikan tim dokter di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Gatot Soebroto bakal netral melakukan tes kesehatan terhadap bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja yakin aparatur sipil negera (ASN) hingga TNI-Polri akan menjaga kenetralannya dalam proses pemeriksaan kesehatan yang diamanatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Terkait RSPAD. Pertama baik ASN, TNI Polri harus netral. Kalau ASN lebih jelas lagi, kalau TNI dan Polri nggak boleh memilih bahkan. Maka di situ sudah independen seharusnya enggak (ada penyelenggaraan. Maka sudah bisa kita jawab pasti independen," ujar Bagja di RSPAD Gatot Subroto, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).

Bagja menjelaskan, tim dokter yang bertugas memeriksa kesehatan para capres-cawapres mempunyai latar belakang TNI dan Polri.

Sehingga, kata Bagja mereka bakal lebih paham perihal kewajiban menjaga netralitas di Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

"TNI Polri ga boleh memilih dan tidak boleh calonkan diri, yang sekarang periksa kan tim dokter RSPAD dan banyak yang tentara nasional dan bahkan dokter," ucap dia.

Meski begitu, Bagja tidak menepis ihwal segala kemungkinan-kemungkinan yang ada. Oleh sebab itu, kata dia Bawaslu hadir sebagai badan yang mengawasi segala proses dan tahapan Pemilu 2024.

"Tapi dalam karakternya baik tentara maupun polisi seharusnya independen. Sebab, mereka tidak memiliki hak untuk memilih dan dipilih. Namun, tetap dalam prosesnya ada potensi (pelanggaran). Kemudian munculah Bawaslu (untuk) awasi netralitas ASN, TNI, Polri," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies-Cak Imin Tiba di RSPAD Gatot Soebroto, Siap Jalani Tes Kesehatan Selama 10 Jam

Sebelumnya, pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).

Pantauan Liputan6.com, Anies-Cak Imin tak datang bersamaan. Cak Imin tiba lebih dahulu pukul 06.53 WIB. Anies tiba pukul 06.58 WIB. Keduanya mengenakan baju kemeja lengan panjang berwarna putih dengan bawahan celana hitam.

Mereka bakal menjalani medical check up (MCU) atau pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024.

Anies-Cak Imin dijadwalkan menjalani rangkaian kesehatan, diantaranya tes darah, urine, serta tes kesehatan jasmani dan rohani selama 8-10 jam, dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Hadir Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari, Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik, Komisioner KPU August Mellaz.

Diketahui, Anies-Cak Imin menjadi pasangan bacapres-bacawapres pertama yang mendaftarkan diri ke KPU RI untuk Pilpres 2024. Disusul bacapres-bacawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Mereka sah mendaftar ke KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023.

 

3 dari 4 halaman

50 Dokter Dilibatkan dalam Tes Kesehatan Anies-Cak Imin di RSPAD Gatot Soebroto

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto menggelar tes kesehatan terhadap bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, hari ini, Sabtu (21/10/2023).

Pasangan AMIN tersebut saat ini telah tiba dan siap menjalani pemeriksaan kesehatan.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Budi Sulistya mengungkapkan, pihaknya telah siap melaksanakan mandat dari KPU. Pemeriksaan ini sesuai peraturan perundangan yang mensyaratkan bahwa bakal capres dan cawapres harus sehat secara jasmani, rohani dan bebas dari penggunaan narkoba.

Budi lantas menjelaskan bahwa pemeriksaan kali ini dilakukan oleh tim dokter dari RSPAD dan kolegium dokter sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kurang lebih ada sekitar 50 dokter yang aman memeriksa maupun yang masuk dalam kepanitiaan. Pemeriksaan akan dilaksanakan dengan durasi antara delapan sampai 10 jam," ujar Budi Sulistya saat memberikan keterangan pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu pagi (21/10/2023).

 

4 dari 4 halaman

Tes Kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Anies-Cak Imin Jalani Ibadah Puasa

Bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menjalani medical check up (MCU) atau pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pendaftaran capres-cawapres 2024.

Anies-Cak Imin menjalani puasa sejak Jumat, 20 Oktober 2023 hingga hari ini Sabtu (21/10/2023) saat menjalani pemeriksaan. Cak Imin tiba di RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 06.53 WIB.

"Dari tadi malam puasa," kata Cak Imin di RSPAD Gatot Subroto, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10 2023).

Cak Imin mengatakan, tidak memiliki kekhawatiran untuk menjalani tes kesehatan pada hari ini. Pasalnya, ujar dia, semua dokumen telah dilengkapi.

"Alhamdulillah saya ngisi form semua, kesiapan semuanya secara khusus tidak ada yang dikhawatirkan. Kan ada pengisian soal obat-obatan, keluhan, semuanya is okay mudah-mudahan berjalan lancar. Tidak ada keluhan sakit," kata dia.

Sementara Anies tiba pukul 06.58 WIB. Serupa dengan Cak Imin, Anies mengaku juga menjalani ibadah puasa dan telah siap menjalani tes kesehatan pada hari ini.

"Sudah ya sudah siap. Dari jam 8 malam (puasa)," ujar Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.