Sukses

Anies Baswedan dan Muhaimin Periksa Kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu 21 Oktober

Pemeriksaan kesehatannya yang akan dilakukan belum secara keseluruhan layaknya bakal capres yang sudah mendaftar ke KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Presiden (capres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan bakal menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari ini, Selasa 17 Oktober 2023 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Hasil pemeriksaan kesehatan ini digunakan Anies Baswedan untuk memenuhi syarat pendaftaran capres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19 Oktober nanti.

"Besok pagi Insyaallah saya periksa," ujar Anies di kediamannya, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2023).

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan ini merupakan laporan awal untuk menyatakan dirinya sehat. Pemeriksaan kesehatannya yang akan dilakukan belum secara keseluruhan layaknya bakal capres yang sudah mendaftar ke KPU.

"Pemeriksaan kesehatan itu sesungguhnya dilakukan sesudah pendaftaran. Ini adalah lampiran yang dibutuhkan untuk mendaftar," kata Anies.

"Jadi ini belum pemeriksaan kesehatan yang lengkap nih. Ini baru mendaftar harus ada laporan awal sehat," lanjut dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cak Imin Sudah Periksa Kesehatan

Sebelumnya, bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar mendatangi Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta, Jumat 13 Oktober 2023. Politikus yang akrab disapa Cak Imin itu akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Hasil pemeriksaan kesehatan itu menjadi salah satu syarat administrasi untuk mendaftar sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

Cak Imin tiba di lokasi sekitar pukul 13.47 WIB. Ketua Umum PKB ini mengenakan kemeja dibalut rompi warna hijau.

"Hari ini memenuhi syarat surat kesehatan dari rumah sakit untuk saya daftarkan di tanggal 19," kata Cak Imin di lokasi.

Cak Imin datang sendirian, tanpa ditemani oleh Bacapres Anies Baswedan. Kemudian, wakil ketua DPR ini menuju meja resepsionis untuk melakukan pendaftaran. Selanjutnya dia masuk ke ruangan untuk pemeriksaan kesehatan.

Cak Imin mengaku seharusnya menjalani pemeriksaan kesehatan bersama Anies. Tetapi Anies tidak datang karena ada urusan lain.

"Ya rencananya sih tadi bareng, tapi enggak tahu mungkin masih ada acara, pokoknya sebelum tanggal 19," katanya usai pemeriksaan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.