Sukses

Aktivis 98 Ini Beri Mandat ke Anies Baswedan dan Cak Imin Tuntaskan Agenda Reformasi

Aktivis 98 yang terhimpun dalam Perhimpunan Aktivis 98 memandatkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) untuk menuntaskan agenda reformasi 1998.

Liputan6.com, Jakarta Aktivis 98 yang terhimpun dalam Perhimpunan Aktivis 98 memandatkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) untuk menuntaskan agenda reformasi 1998.

Juru bicara Perhimpunan Aktivis 98, Fauzan Luthsa mengatakan, mandat tersebut merupakan hasil diskusi bersama yang dilahirkan melalui Focus Group Discussion (FGD) Perhimpunan Aktivis 98, Rabu 11 Oktober 2023 di Jakarta.

“Tujuan dilakukan FGD ini adalah untuk menentukan kepada siapa mandat penuntasan agenda reformasi 1998 akan diberikan. Kriterianya tentu yang senafas dengan tuntutan perjuangan reformasi 1998," ujar Fauzan seperti dikutip dari siaran tertulis diterima, Kamis (12/10/2023).

Sebagai mantan aktivis Famred, Fauzan menyebut ada lima kriteria yang dirumuskan dalam FGD kemarin.

Pertama; bukan bagian dari rezim Orde Baru, kedua; terlibat aktif dalam pergulatan pergerakan pro demokrasi dan reformasi 1998, ketiga; memiliki track record sebagai pemimpin yang bersih, keempat; tidak represif dalam menghadapi kritik, kelima; bukan pelanggar HAM.

"Berdasarkan kriteria tersebut, Perhimpunan Aktivis 98 memutuskan memberikan mandat penuntasan agenda reformasi 1998 kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar" jelas Fauzan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Punya Jejak Rekam Jelas

Senada dengan itu, Anggota Presidium Perhimpunan Aktivis 98, Frans Immanuel Saragih menambahkan, diberikannya mandat penuntasan agenda reformasi 1998 kepada AMIN dikarenakan kedua figur tersebut diyakini mampu melakukannya.

"Track record Anies dan Cak Imin sangat jelas dalam perjuangan menegakan demokrasi pasca Reformasi 1998" yakin dia.

Sebagai informasi, hadir dalam FGD para aktivis 98 diantaranya, Agung Nugroho mantan ketua komisariat SMID IISIP dan juga eks aktivis Komrad, Ulung Rusman koordinator Perhimpunan Aktivis 98 yang juga mantan aktivis Famred Untar, Agung Wibowo Hadi eks aktivis Forum Kota (Forkot) APP, Ivan Panusunan eks aktivis Famred ATST dan aktivis 98 lainnya yang hadir dalam acara tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Relawan GBK Bidik Suara Kaum Muda

Relawan Gerakan Biru Kuning (GBK) terus tancap gas mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pemilu 2024. Kumpulan para aktivis ini akan membidik suara kaum muda dalam memenangkan pasangan AMIN.

“Kaum muda saat ini baik milenial maupun gen-z merupakan pemilih terbesar dalam Pemilu 2024. Maka kami menargetkan sebanyak mungkin kaum muda memilih pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam Pemilu 2024 nanti,” ujar Koordinator Nasional Relawan GBK Andi Najmi, Kamis (12/10/2023).

Andi mengungkapkan kaum muda saat ini dikenal sebagai segmen yang sangat mandiri dan rasional. Mereka juga mempunyai gaya berkomunikasi yang berbeda dengan genarasi-generasi sebelumnya.

“Kaum muda saat ini butuh pendekatan rasional dengan platform yang pas. Maka kami akan sampaikan beberapa komitmen kerja dari pasangan AMIN yang sesuai kebutuhan kaum muda. Seperti kredit murah untuk pengusaha muda maupun insentif rumah tinggal bagi mereka,” ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Siapkan Tim Khusus

Andi mengatakan Relawan GBK telah mengadakan pertemuan khusus dengan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Muhaimin Iskandar pada Selasa (10/10/2023). Dalam kesempatan itu Relawan GBK menyampaikan beberapa langkah kerja seperti rencana pembentukan 28 koordinator wilayah di seluruh Indonesia.

“Kami telah merumuskan rencana kerja untuk memenangkan pasangan AMIN dalam Pemilu 2024. Saat ini kami terus mematangkan pembentukan koordinator wilayah (Korwil) di 28 titik di seluruh Indonesia. Kami targetkan pembentukan Korwil ini akan tuntas pada akhir bulan ini,” ujarnya.

Potensi kecurangan dalam Pemilu, kata Andi juga akan menjadi fokus kerja dari relawan GBK. Menurutnya relawan GBK akan mengawasi kinerja dari penyelenggara Pemilu agar gerak maupun perolehan suara Anies-Cak Imin tidak menjadi sasaran kecurangan oleh pihak-pihak tertentu.

"GBK sudah menyiapkan tim khusus untuk mengantisipasi adanya kecurangan di udara, tentu potensi kecurangan pola lama di darat juga tidak dilupakan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.