Sukses

Minta Kader Turun ke Bawah, Megawati: Saya Yakin Ganjar Pranowo Bisa Jadi Presiden ke-8 RI

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (Ketum PDIP) Megawati Soekarnoputri optimis Ganjar Pranowo akan menjadi Presiden ke-8 Republik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (Ketum PDIP) Megawati Soekarnoputri optimis Ganjar Pranowo akan menjadi Presiden ke-8 Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Megawati di hadapan para kadernya di dalam penutupan rapat kerja nasional (Rakernas) IV PDIP di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

"Saya yakin, hakul yakin, ainul yakin, insya Allah kalau kita kerja keras, Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden ke-8," kata Megawati Soekarnoputri, Minggu (1/10/2023).

Kendati demikian, lanjut dia, keyakinan itu hanya bisa terwujud apabila seluruh kader PDIP mau turun ke bawah menyapa rakyat. Hanya dengan cara itulah, kata Megawati, harapan Ganjar menang dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 ada di depan mata.

Selain itu, Megawati juga mengaku tidak suka melihat survei-survei. Tapi, pagi ini, Megawati sempat melihat hasil survei terkait elektoral capres di 2024.

Megawati mengaku senang melihat elektabilitas Ganjar saat ini mengalami tren kenaikan yang positif.

"Kan ibu bilang ibu gak suka lihat-lihat survei, tapi iseng aja tadi pagi, waaah Pak Ganjar itu udah naik tung,tung,tung (naik). Ya tapi terus kalian gak kerja ya tung,tung tung tung turun, hayoo? Piyee? Aih gawat," ucap dia.

Meski begitu, Megawati meyakini kerja politik yang dilakukan beberapa hari ini bisa menyatukan chemistry dan para kader PDIP untuk bergerak ke bawah.

"Dengan segala bekal itu, segeralah kembali ke rumah masing-masing, langsung itu apa ya, instruksi ibu, oh begini-begini, yang tidak boleh saya lakukan, oh nanti dapat sanksi, oh ini-ini," pungkas Megawati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Megawati: Wacana Prabowo Capres Ganjar Cawapres, Enggak Usah Didengerin

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku sudah mendengar wacana bakal capres Ganjar Pranowo menjadi bakal cawapres dari Prabowo Subianto. Megawati mengaku heran dengan wacana tersebut, sebab ia tidak pernah membahas hal tersebut.

"Saya sendiri sempat bingung di media tiba-tiba dibilang, 'iya sudah ada persetujuan bahwa nanti Pak Prabowo jadi presidennya, Pak Ganjar jadi wakil presidennya' aku terus di rumah melongo, ini yang ngomong siapa ya, ya aku kok ketua umumnya malah enggak ngerti," kata Megawati pada pidato penutupan Rakernas IV PDIP, Minggu (1/10/2023).

Megawati meminta para kader tak usah mendengarkan isu-isu Prabowo dan Ganjar Pranowo itu. Dia menegaskan, tidak bisa asal menjodoh-jodohkan paslon capres-cawapres.

"Enggak usah didengerin. Kok enak banget gitu lho gatuk-gatuken. Kamu mau enggak?," kata dia.

Mega lantas menanyakan pada para kadernya, apakah mau Ganjar menjadi cawapres. Namun, ia hanya mendengar jawaban tidak dari sebagin peserta Rakernas PDIP.

"Enggak semua ngomong, berarti ada yang mau? payah anak buah saya, haduh gawat. Jadi ya apa sih urusannya. Lho kok bingung karepe dewe (semaunya sendiri)," pungkas Megawati.

 

3 dari 3 halaman

Wacana Duet Prabowo-Ganjar, Pengamat: Ilusi Yang Sangat Mustahil Diwujudkan

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai wacana duet Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memiliki potensi untuk memenangkan pemilihan presiden dengan lebih mudah dalam format dua kandidat calon presiden.

Namun, wacana ini berpotensi menimbulkan kompleksitas terkait penentuan siapa calon presiden dan siapa yang akan menjadi wakilnya.

"Ini adalah persoalan rumit dan pelik karena akan berkaitan secara langsung dengan elektabilitas partai di tengah proses pemilu yang dilakukan secara serentak,” kata Pangi dalam keterangannya, Rabu 27 September 2023.

Pangi menyebut, PDIP tidak akan dengan mudah mengorbankan posisinya sebagai partai pemenang pemilu untuk menjadi cawapres, begitu pula dengan Gerindra yang akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenangkan Prabowo sebagai calon presiden sekaligus mengantarkan keberhasilan legislatif bagi Gerindra sebagai partai pemenang pemilu.

"Di sisi lain jika format koalisi besar tidak terbentuk dan pada akhirnya ada tiga poros koalisi, maka hal ini akan menjadi dilema bagi kubu nasionalis (PDIP dan Gerindra) yang akan membuka peluang munculnya kuda hitam (Anies Rasyid Baswedan) sebab jarak elektabilitasnya dengan Ganjar Pranowo tidak terpaut terlalu jauh," jelas Pangi.

Merujuk data terbaru dari survei Voxpol Center, Pangi menyebutkan belum ada kandidat dengan elektabilitas yang cukup meyakinkan, elektabilitas ketiga kandidat tidak terpaut terlalu jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.