Sukses

Hasil Rekomendasi Rakernas IV PDIP, Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo Diserahkan Sepenuhnya ke Megawati

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Sekjen) Hasto Kristiyanto membacakan rekomendasi Rakernas IV PDIP terkait Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 di hari terakhir Rakernas yang digelar di JiExpo, Kemayoran, Minggu (1/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Sekjen) Hasto Kristiyanto membacakan rekomendasi Rakernas IV PDIP terkait Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Pembacaan dilakukan di hari terakhir Rakernas yang digelar di JiExpo, Kemayoran, Minggu (1/10/2023).

Hasto menjabarkan, rekomendasi pertama Rakernas PDIP adalah pemenangan lewat gotong royong berbasis TPS.

"Setiap partai anggota dan simpatisan wajib turun ke akar rumput berkomunikasi secara langsung dengan rakyat didukung oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi," ujar Hasto membacakan hasil Rakernas, Minggu (1/10/2023).

Rekomendasi kedua, Hasto menyebut, pihaknya menyerahkan sepenuhnya terkait waktu pengumuman cawapres Ganjar Pranowo, pada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Partai menyerahkan sepenuhnya kepada ketua umum PDIP Perjuangan, terhadap pengumuman calon wakil presiden yang akan mendampingi bapak Ganjar pranowo, pada momentum yang tepat, dengan pertimbangkan dinamika politik, pergerakan tiga pilar partai di akar rumput," jelas Hasto.

Berikut Rekomendasi Pemenangan pemilu hasil Rakernas IV PDIP:

1. Merekomendasikan strategi pemenangan pemilu dengan cara gotong royong berbasiskan TPS dan dilakukan oleh seluruh elemen partai yang menyatukan pemenangan pemilu legislatif dan pemilu presiden sebagai satu kesatuan pemenangan berkaitan dengan hal tersebut setiap kader partai anggota dan simpatisan wajib turun ke akar rumput berkomunikasi secara langsung dengan rakyat didukung oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

2. partai menyerahkan sepenuhnya kepada ketua umum PDIP Perjuangan, terhadap pengumuman calon wakil presiden yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo pada momentum yang tepat dengan pertimbangkan dinamika politik pergerakan tiga pilar partai di akar rumput kesiapan badan pemenang legislatif dan konsolidasi tim pemenangan presiden.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekomendasi Selanjutnya

3. Menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara berdasarkan undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang menempatkan Pemilu 2004 sebagai momentum transisi kekuatan secara konstitusional dan demokratis PDI Perjuangan bertekad melaksanakan Pemilu sebagai wahana pemersatu bangsa melalui kampanye yang mencerdaskan kehidupan bangsa dengan narasi kemajuan melanjutkan dan mempercepat keberhasilan pemerintahan presiden Jokowi.

4. Bertekad untuk melaksanakan keputusan kepala PDI Perjuangan pada tanggal 21 April 2023 yang menetapkan kadar PDI Perjuangan bapak Ganjar pranowo sebagai calon presiden dan menginstruksikan kepada seluruh simpatisan anggota dan kader partai di setiap tingkatan untuk bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat partai politik pengusung dan relawan guna memenangkan pemilu presiden tahun 2024.

5. Rakernas IV Partai mendukung dan memfasilitasi pengembangan benih, teknologi dan inovasi yang dilakukan petani dan melindungi petani dari upaya kriminalisasi melalui reformasi peraturan perundangan.

6. Mendukung seluruh penyelenggaraan Pemilu untuk mengelola data partai politik anggota Partai politik dan calon anggota legislatif di seluruh tingkatan dan DPD RI dengan mengedepankan kerahasiaan data pribadi sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 27 tahun 2022 tentang perlindungan atau pribadi.

7. Merekomendasikan kepada pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan persoalan status kepegawaian dan kesejahteraan tenaga honorer seperti guru dosen bidan perawat pendamping Desa pendamping PKH penyuluh pertanian dan perikanan dan lain-lain termasuk tenaga honorer pada instansi penyelenggaraan pemilu.

8. Mengapresiasi kinerja aparat penegak hukum KPK Kejaksaan dan polri dalam mencegah dan memberantas korupsi serta merekomendasikan pentingnya sosialisasi guna meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat untuk mencegah korupsi dan praktik politik uang dalam pemilu.

 

3 dari 3 halaman

Sekjen: Rakernas PDIP Hari Ketiga Bahas Pemenangan Ganjar Pranowo

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, Rakernas IV PDIP hari ketiga yakni Minggu (1/10/2023) akan membahas pemenangan nasional Bakal Capres Ganjar Pranowo.

"Secara khusus membahas tentang pemenangan Pak Ganjar Pranowo, diawali dengan ketua TPN Ganjar presiden, Bapak Arsjad tentang strategi pemenangan pemilu dan kemudian dilanjutkan tentang grand strategic," kata Hasto di JiExpo Kemayoran, Minggu.

Selain itu, Hasto menyampaikan bahwa hasil rekomendasi eksternal Rakernas juga akan disampaikan pada publik. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga akan mengakhiri rakernas dengan pidato politik.

"Akan dibacakan rekomendasi rakernas, ada yang internal dan eksternal yang sifatnya terbuka dan diakhiri dengan pidato politik penutupan dari ibu ketua umum," jelas dia.

Sebelum penutupan resmi, Hasto menyatakan akan ada peluncuran program beasiswa atau Megawati Fellowship bagi mahasiswa.

"Program Megawati Fellowship ini untuk memberikan beasiswa bagi para mahasiswa khususnya S2 S3 yang akan melakukan penelitian-penelitian terkait dengan Bung Karno, Ibu Mega, PDIP, juga keberhasilan Pak Jokowi," pungkas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.