Sukses

Respons Survei SMRC, Mujahid 212 Nilai Bakal Lebih Banyak Pengikut Merapat ke Prabowo

Survei yang dilakukan SMRC cukup cermat memotret arah dukungan kelompok 212. Terutama, usai nama-nama calon wakil presiden mulai muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkait arah dukungan kelompok 212 pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendapat respons positif. Pentolan Mujahid 212 Damai Hari Lubis sepakat dengan hasil survei yang membeberkan kelompok 212 bakal mendukung Prabowo Subianto.

"Kalau menurut saya pribadi, banyak yang mayoritas lari ke Prabowo Subianto. Suka enggak suka, mau enggak mau," ujar Hari Lubis saat dikonfirmasi, Minggu, 24 September 2023.

Menurut dia, survei yang dilakukan SMRC cukup cermat memotret arah dukungan kelompok 212. Terutama, usai nama-nama calon wakil presiden mulai muncul.

"Sudah lebih banyak dari sebelumnya (yang mendukung Prabowo)," ujar Hari Lubis.

Di sisi lain, dia juga melihat kecenderungan kelompok 212 jika pemilihan presiden hanya diikuti Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Hari Lubis memperkirakan kelompok 212 tak akan mendukung Ganjar.

"Larinya dukungan ke Prabowo Subianto bukan ke Ganjar. Cuma itu aja. Ini juga prediksi," ujar Hari Lubis.

Sementara itu, ​Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) menyebut pihaknya membuka diri terhadap pihak yang ingin mendukung Ketua Umum Prabowo Subianto. Hai ini terkait potensi kelompok 212 untuk mendukung bakal calon presiden (bacapres) itu.

"Kami hormati dan hargai dan kami bersyukur atas dukungan siapa saja yang akan berikan dukungan dan suaranya di TPS nanti tanggal 14 Februari," ujar Ariza dikutip pada Jumat, 22 September 2023

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei SMRC: Pendukung 212 Kebanyakan ke Prabowo

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei teranyar terkait dukungan kelompok 212. Survei membeberkan dukungan kelompok 212 mengalir ke Prabowo Subianto.

"Mayoritas pendukung 212 akan memilih Prabowo. Sebaliknya, yang tidak mendukung gerakan 212 cenderung akan mendukung Ganjar Pranowo,” kata Saiful Mujani dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 September 2023.

Mayoritas responden yang setuju dan mendukung gerakan 212, sebanyak 59 persen memilih Prabowo. Sementara itu, 29 persen mendukung Ganjar. Sebanyak 4.260 responden dilibatkan dalam survei yang dilakukan pada 31 Juli hingga 11 Agustus 2023. Metode yang digunakan yakni stratified random sampling.

Tingkat kepercayaan survei ini berada di kisaran 95 persen. Adapun Margin of error survei kurang lebih 1,65 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.