Sukses

Anies Selesai Urus SKCK, Siap Daftar Capres-Cawapres Kapan Saja

Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan telah mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Loket Pelayanan Masyarakat Baintelkam Polri di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan telah mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Setelah melengkapi berkas administrasi, Anies Baswedan mengaku siap kapanpun mendaftar ke KPU sebagai calon presiden. 

"Iya kapan saja didaftarkan, kapan saja dibuka, Insyaallah kita siap," kata Anies ditemui usai mengurus SKCK di Loket Pelayanan Masyarakat Baintelkam Polri di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023).

Dia menerangkan, Badan Pekerja (BAJA) Anies-Imin tengah menyiapkan persyaratan administratif untuk pendaftaran capres-cawapres. Karena itu, Anies siap kapan saja mendaftar, termasuk pada hari pertama pendaftaran. Pendaftaran capres-cawapres dibuka pada 19-25 Oktober 2023.

"Badan pekerja yang mulai bertugas, mereka sudah menyiapkan itu semua. Administrasinya dan semua hal-hal substantif, itu semua diselesaikan di badan pekerja. Jadi BAJA itu yang menyiapkan semuanya. Jadi kita siap kapan saja," jelas Anies.

Soal pengurusan SKCK ini, Anies mengatakan, dokumen untuk capres dan cawapres itu tidak bisa diwakilkan. 

"Tadi saya diberitahu untuk SKCK bagi capres cawapres itu penandatanganannya tidak bisa diwakilkan tapi ditandatangani langsung Kabaintelkam. Jadi berkas berkas itu walaupun sudah lengkap sedang proses verifikasi," kata dia.

Proses tersebut membutuhkan waktu 24 jam. Maka SKCK capres cawapres Anies akan selesai pada besok.

"Proses verifikasi itu singkat tapi karena proses penandatanganan maka diperkirakan selesai besok jadi 24 jam selesai ditandatangani Kabaintelkam. Jadi saya menunggu besok insyaallah selesai," kata Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Lautan Massa di Makassar, Anies-Cak Imin Yakin Bisa Menangkan Pilpres 2024

Sementara itu, lautan massa menyambut kedatangan pasangan bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) dalam meramaikan jalan gembira di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu pagi (24/9/2023).

Dua tokoh dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan ini datang menyapa jutaan massa yang memadati kawasan Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat di Jalan Jenderal Sudirman Kota Makassar. 

Mengutip siaran pers yang diterima, duet AMIN langsung membelah lautan massa untuk tiba di panggung utama sembari melayani warga yang ingin bersalaman dan berfoto. Aksi itu turut diramaikan dengan suara dukungan yang menginginkan Anies-Cak Imin memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Dengan senyum yang selalu terpancar, sesekali Anies dan Gus Imin melambaikan tangan kepada massa yang lokasinya jauh dari tempat mereka berjalan,” tulis siaran pers diterima Minggu, (24/9/2023).

Menurut Gus Muhaimin, kedatangan jutaan massa ke tempat itu karena mereka menginginkan terjadinya perubahan di Sulawesi Selatan dan seluruh wilayah Indonesia. Ketua Umum DPP PKB itu mengaku semakin optimis menyambut Pilpres 2024 setelah melihat dukungan yang tidak pernah berhenti terhadap pasangan Amin. 

“Insya Allah 2024 saya bersama Mas Anies berhasil merubah Indonesia menjadi lebih makmur. Saya mendengar rakyat kecil yang menginginkan perubahan," tutur pria karib disapa Gus Imin ini.

Senada dengan Gus Imin, Anies juga merasa takjub dengan dukungan masyarakat Sulawesi Selatan terhadap pasangan Amin. Gubernur DKI periode 2017-2022 itu berharap agar jumlah massa yang hadir di kawasan Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat terus bertambah sampai waktu pencoblosan 14 Februari 2024. 

"Setelah datang dari sini Bapak/Ibu harus menjangkau semua keluarganya, tetangganya, agar bersama-sama berjuang mewujudkan perubahan untuk Indonesia," kata Anies Baswedan.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.