Sukses

SMRC: Bakal Capres Prabowo Subianto Tetap Didukung Warga Jabar Apapun Partai Politik Pendukungnya

Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto tetap menjadi sosok pemimpin idaman masyarakat Jawa Barat (Jabar). Hal itu dikarenakan Prabowo banyak menuai dukungan dari masyarakat Jabar.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto tetap menjadi sosok pemimpin idaman masyarakat Jawa Barat (Jabar). Hal itu dikarenakan Prabowo Subianto banyak menuai dukungan dari masyarakat Jabar.

Menurut Pendiri SMRC Saiful Mujani, Prabowo cenderung sangat sulit dikalahkan di Jawa Barat (Jabar). Dia mengatakan, Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut masih menjadi bakal capres pilihan rakyat Jabar.

Terbukti, kata Saiful, dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 lalu, Prabowo berada di posisi yang lebih sedikit jumlah partai pengusungnya. Namun, Prabowo tetap bisa mengungguli Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Jabar.

"Dalam Pemilu terakhir kemarin partai yang mendukung Prabowo lebih sedikit. Tapi pendukungnya di Jabar itu tidak ikut partainya melainkan malah ikut Pak Prabowo," kata Saiful melalui keterangan tertulis, Minggu (17/9/2023).

Menurut dia, hal itu dikarenakan arah pilihan masyarakat Jabar cenderung tidak berpihak pada partai apa pun. Masyarakat Jabar lebih peduli kepada sosok Prabowo sebagai capres.

"Jadi partainya boleh jadi mendukung calon A, tapi soal pilihan itu hak prerogratif saya kata orang Jabar begitu," papar Saiful.

Dengan demikian, menurut Saiful, tidak akan ada satu partai politik yang bisa meraih suara terbanyak di Jabar selagi masih ada sosok Prabowo sebagai capres.

"Karena pengaruh Prabowo jauh lebih besar ketimbang pengaruh partai politik," terang Saiful.

Sehingga, lanjut dia, apa pun partainya, masyarakat cenderung tidak terlalu peduli asalkan kandidat capresnya adalah Prabowo. Eksistensi Prabowo lebih kuat ke masyarakat ketimbang parpol.

"Masyarakat Jabar itu tidak mementingkan partainya apa dalam Pilpres, yang terpenting bagi mereka presidennya tetap Pak Prabowo," pungkas Saiful.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prabowo Jadi Capres Top of Mind Pilihan Masyarakat Jawa Timur

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto jadi Calon Presiden (Capres) yang masuk kepada kategori top of mind pilihan masyarakat Jawa Timur (Jatim).

Di dalam survei terbaru yang dilaksanakan Surabaya Research Syndicate (SRS) periode 3 – 12 September 2023, Prabowo ada di urutan pertama Capres top of mind masyarakat Jatim.

Peneliti Senior SRS, Edwin Abdul mengatakan di dalam hasil survei tersebut, Prabowo Subianto merupakan capres yang namanya paling banyak disebut oleh masyarakat Jatim yaitu sebanyak 26,1 persen.

"Hasil survei SRS menunjukkan bahwa nama Prabowo Subianto paling banyak disebut publik Jawa Timur, yakni 26,1% responden," kata Edwin, Sabtu 16 September 2023.

"Ini mengindikasikan bahwa Prabowo telah menjadi top of mind publik sebagai bakal calon Presiden," imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Nama Lainnya

Sementara itu, adapun pesaing terdekatnya Capres PDIP Ganjar Pranowo hanya berhasil meraup 22,6 persen dukungan sebagai Capres berdasarkan top of mind masyarakat Jatim. Adapun Anies ada di peringkat ketiga dengan 14,2 persen dukungan.

"Ganjar Pranowo yang telah diusung sebagai Capres oleh PDI Perjuangan menjadi top of mind dari 22,6% publik, sedangkan Anies Baswedan hanya disebut spontan oleh 14,2% responden," ujar Edwin.

Berikutnya, adapun nama-nama yang juga muncul sebagai top of mind Capres bagi masyarakat Jawa Timur. Antara lain, Mahfud MD, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, Moeldoko, Muhaimin Iskandar dan Airlangga Hartarto.

 

4 dari 4 halaman

Dukungan Santri dan Kiai NU Jatim

Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto berhasil meraup dukungan dari ribuan santri dan kiai Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di Jawa Timur (Jatim).

Prabowo yang juga dikenal sebagai pemimpin berwibawa jadi daya tarik tersendiri bagi para ribuan santri dan kiai yang menghadiri acara 'Jawa Timur Bermunajat untuk H. Prabowo Pemimpin Berdaulat dan Petugas Rakyat' pada Senin 11 September 2023.

Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Candu, Bojonegoro, KH. Aksin Kamil Ibrahim mengatakan, Prabowo Subianto merupakan sosok yang sangat tegas. Ketegasannya itu menurutnya bisa menjadi identitas jika diberikan amanah sebagai pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Bapak Prabowo itu adalah orangnya yang sangat tegas. Ketegasannya Pak Prabowo inilah yang akan menjadikan marwah bangsa Indonesia ini ke taraf internasional lebih bagus lagi," kata Kiai Aksin.

Tak hanya memiliki ketegasan dan berwibawa, menurutnya Prabowo yang berada di posisi Menteri Pertahanan dan maju sebagai Capres saat ini juga tidak jauh berkat restu dan dukungan dari para kiai dan ulama. Sikap tunduk kepada para ulama dan kiai ini membuat banyak kiai serta santri untuk memberikan dukungan kepada Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut.

"Dari perjalanan karirnya pun tidak jauh dari para ulama, hal itu yang membuat para santri dan ulama - ulama Indonesia mencintai Bapak Prabowo," terangnya.

Ia juga menaruh harapan kepada Prabowo agar terus optimis menatap Pilpres 2024. Ia juga menekankan agar Prabowo bisa terus menjadi sosok pemimpin yang ikhlas untuk menjaga keutuhan bangsa di negara.

"Harapannya adalah terus berjuang jangan patah semangat untuk Pak Prabowo walaupun sudah ketiga kalinya tetap semangat dan ikhlas untuk menjadi seorang pemimpin di Indonesia ini," ujar Kiai Aksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.