Sukses

Survei LSI Denny JA: Prabowo Unggul dari Ganjar di Tiga Provinsi

Prabowo menang secara head to head dari Ganjar di beberapa daerah Indonesia. Di Jawa Barat, Prabowo meraih suara sebanyak 65,7 persen, sedangkan Ganjar hanya mendapat dukungan sebesar 31,7 persen.

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden (Capres) Gerindra Prabowo Subianto mengungguli Ganjar Pranowo dalam bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 30 Mei - 12 Juni 2023, Prabowo unggul atas Ganjar di tiga provinsi besar di Indonesia.

Dalam hasil survei tersebut, Prabowo menang secara head to head dari Ganjar di beberapa daerah Indonesia. Di Jawa Barat, Prabowo meraih suara sebanyak 65,7 persen, sedangkan Ganjar hanya mendapat dukungan sebesar 31,7 persen.

"Teritori Capres head to head, mulai dari Jabar, sebesar 17,5 persen pemilihnya di Jabar PS unggul dengan angka 65,7 persen, sementara GP kalah di 31,7 persen," kata Peneliti LSI Hanggoro Doso Pamungkas di Kantor LSI Denny JA, Senin (31/7/2023).

Selain di Jabar, Prabowo juga berhasil meraih hasil maksimal di Provinsi Banten dengan torehan suara sebesar 60,0 persen. Sementara Ganjar hanya mendapat suara sebanyak 39,3 persen. Lalu di Jawa Timur, Prabowo dan Ganjar suaranya masih neck to neck alias berbanding tipis. Prabowo meraih suara sebanyak 44,3 persen, sedangkan Ganjar 43,3 persen. 

Jumlah tersebut memungkinkan Jatim menjadi medan pertempuran yang sengit bagi Prabowo dan Ganjar dalam memperebutkan basis dukungan dan suara rakyat Jatim.

"Provinsi kedua terbesar adalah Jatim dengan 16,3 persen pemilih, di Jatim PS unggul dibanding GP 44,3 persen, berbanding tipis 43,3 persen sehingga provinsi ini bisa menjadi rebutan ya kepada PS dengan GP," ujar Hanggoro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren Elektabilitas Prabowo Diprediksi Meningkat

Hanggoro melihat Prabowo cukup konsisten berada di atas Ganjar dari beberapa hasil survei sebelumnya.  Menurut Hanggoro, tren Prabowo kemungkinan akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

"Ini adalah raihan yang cukup konsisten yang didapat oleh Prabowo dan apabila kondisi ini tidak berubah maka bisa saja kita ketemu hari ini mungkin saja trennya akan semakain meningkat bagi keunggulan Prabowo," pungkas dia.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 1-15 Juli 2023 dengan melibatkan 1.200 responden lewat wawancara tatap muka. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error +- 2,9 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.